Bulukumba

Sebelum Upacara, Persembahan Pemetasan Drama Kolosal Pahlawan Nasional

BULUKUMBA, Link1sulsel.com – Ada yang menarik pada peringatan Kemerdekaan dan HUT RI ke 72 kali. Sebelum upacara dimulai, komunitas sanggar seni ternama Teater Kampoeng menampilkan pementasan drama kolosal “Perjuangan Andi Sulhtan Daeng Radja” di lapangan pemuda, kota Bulukumba, Kamis (17/8/17).
Pementasan kisah putra Bulukumba sekaligus Pahlawan Nasional tersebut, menyedot perhatian masyarakat dan peserta upacara, tak terkecuali orang nomor 1 Bulukumba, AM Sukri Sappewali yang juga merupakan cucu langsung dari Andi Sulthan Daeng Radja.
Selama kurang lebih 30 menit, puluhan pemain drama kolosal itu menyuguhkan persembahan perjuangan Andi Sulthan Daeng Radja dalam mengusir penjajah di zaman penjajahan dan zaman awal kemerdekaan.
Pemeran tokoh pejuang Andi Sulthan Daeng Radja oleh cucunya sendiri yang juga merupakan pegawai di lingkup Pemkab Bulukumba, yakni Andi Rayes Mannapiang.
Usia pementasan, acara dilanjutkan dengan penaikan Bendera Merah Putih, yang dipimpin langsung Bupati Bulukumba selaku inspektur upacara. Sementara pembacaan naskah Proklamasi Kemerdekaan oleh Ketua DPRD, Andi Hamsah Pangki.
Sebagaimana diketahui, Andi Sulthan Daeng Radja adalah seorang tokoh kemerdekaan Indonesia dan Pahlawan Nasional. Beliau lahir sebagai putra pertama dari pasangan Passari Petta Tanra Karaeng Gantarang dan Andi Ninong pada tanggal 20 Mei 1894 di Matekko Kabupaten Bulukumba Provinsi Sulawesi Selatan, serta meninggal pada usia 70 tahun di RS Pelamonia Makassar. (*)

Comments
To Top