Daerah

Peluncuran Germas, Dandim 1401/ Majene Dampingi Gubernur Sul-bar

MAJENE, LINK1SULSEL.COM– Peluncuran Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ( GERMAS) Kab Majene 2027 Profesional,Pruduktif dan Proaktif, yang dihadiri langsung Gubernur Sulbar, Drs. H. Ali Baal Masdar didampingi oleh Dandim 1401/Majene, Letkol Inf. Rahman. Bertempat di lapangan Stadion Prasamya Mandar, Jln. Pangeran Pattarani Kabupaten Majene, jumat (20/10/2017).

Dalam Sambutan yang disampaikan oleh Gubernur Sul-Bar, Ali Baal Masdar, mengatakan Pada kesempatan yang baik ini saya ingin mengingatkan kembali pesan Bapak Jokowi pada Rapat kerja Kesehatan Nasional 2017 yaitu, kesehatan adalah sangat fundamental sehingga masalah kesehatan harus kita tuntaskan bersama, jangan sampai ada gizi buruk dilingkungan kita, serta untaskan penyakit menular seperti TB, demam berdarah dll, Puskesmas dan Dinas Kesehatan untuk mencegah munculnya berbagai penyakit.

Ditambahkan Gubernur Sul-Bar, Ali Baal Masdar, menjelaskan kita harus Jaga pola makan dan pola olah raga, sinergi antar kementerian dan lembaga karena kesehatan tidak dapat diselesaikan sendiri. Perbaiki manajemen dan pengelolaan anggaran agar hasil yg dicapai nyata dirasakan oleh rakyat,Jangan sampai uang dipakai untuk beli rokok tapi tidak untuk menambah gizi anaknya,Tenaga kesehatan harus aktif mendatangi masyarakat, jangan cuma menunggu di Puskesmas menunggu orang sakit; dan Bekerjalah dengan hati dan integritas.

Sedangkan dalam sambutan Bupati Majene, DR Fahmi Massiara MH, mengatakan seiring dengan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo meluncurkan Gerakan Masyarakat dengan Tujuan GERMAS ini, agar masyarakat berperilaku sehat, sehingga diharapkan berdampak pada kesehatan yang terjaga, terciptanya lingkungan yang bersih, sehingga jika dalam kondisi sehat, produktivitas masyarakat meningkat dan biaya yang dikeluarkan masyarakat. GERMAS dilakukan sebagai penguatan upaya promotif dan preventif masyarakat. Tujuan GERMAS, antara lain Menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kematian maupun kecacatan, Menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk, menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan sebab dapat karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan.

Disisi lain Kepala Dinas Kesehatan Sul-Bar, dr Akhmad Azis M. Kes, menjelaskan masyarakat sehat merupakan sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan, dalam rangka menciptakan manusia yang cerdas atau berkualitas, jika kita ingin melihat masyarakat yang berkualitas, tentu harus di mulai dari hidup masyarakat yang sehat karena itu merupakan hal yang paling utama.

Turut hadir dalam acara ini, Bupati Majene (DR. H Fahmi Massiara SH. MH), Wakil Bupati Majene (Lukman S.Pd. M. Pd), Wakil Ketua DPRD Kab Majene(Hj. Hasbina, S.Sos M. Si), Kapolres Majene (AKBP Asri Efendy), Ketua Pengadilan Negeri Majene (Hj. Herawati Yunus, SH. MH), Kejari Majene Agung (Purnomo, SH. MH), Sekda Kab. Majene (Burhanuddin Mp), Kepala Dinas Kesehatan Sulbar (Dr. H. Achmad Azis,M.Kes), Ketua Penggerak PPK Kab. Majene (Hj. Dr. Fatwati, MH), Ketua Persit KCK Cabang XXXVI/Dim 1401/Majene (Ny. Adriani Rahman), Ketua Bhayangkari Polres Majene (Ny. Farida Asri Efendy), Para Pimpinan OPD Kab. Majene, Para Asisten Pemkab Majene, Para Camat Se Kab. Majene, Serta tamu dan undangan.

Laporan: (Penrem 142/Tatag)

Comments
To Top