Jeneponto

Limbah PT. Sinar Sukses Persada di Jeneponto Duga Cemari Tambak Warga, Ribuan Ikan di Tambak Mati Mendadak

JENEPONTO_LINK1SULSEL.COM_Ribuan benih ikan Bandeng dan mujair di tambak warga yang ada di desa Bulo Bulo, Kecamatan Arungkeke, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan tiba tiba mati mendadak.
Ribuan ikan tersebut diduga mati akibat keracunan limbah dari salah satu perusahaan tambak udang di wilayah itu.
Tidak hanya itu, air empang juga berubah warna menjadi hitam pekat dan mengeluarkan bau menyengat. Bahkan bau yang tidak sedap itu sudah tercium hingga ke permukiman warga setempat.

Firman salah satu warga desa Bulo bulo yang juga memiliki tambak ikan bandeng dan mujair turut menjadi korban.
Anak ikan Bandeng dan Mujair yang dibudidayakan ditambaknya mati semua.
Kejadian tersebut, ungkap Firman, diduga adanya pembuangan limbah ke tambak udang milik PT. Sinar Sukses Persada. “ikan ikan kami yang mati karena keracunan limbah pembuangan tambak udang dari perusahaan PT. Sinar Sukses Persada,” Ungkap Firman ke sejumlah awak media, Kamis, (9/11/17).

Menurutnya, peristiwa matinya ribuan ikan disejumlah tambak warga sudah terjadi sejak adanya perusahaan tambak udang milik PT. Sinar Sukses Persada 3 bulan lalu. Kejadian tersebut sudah dilaporkan ke perangkat desa dan pihak perusahaan, namun sama sekali tidak ada respon.

“jika ini terus dibiarkan, tidak menutup kemungkinan limbah pembuangan perusahaan itu juga akan meluas hingga ke laut dan merusak perkembangan rumput laut warga, serta merusak biota laut, tambak ini merupakan tempat kami mencari nafkah. kalau terus dibiarkan, bagaimana bisa kami mencarikan nafkah untuk anak istri kami,” jelasnya.

Informasi yang dihimpun link1sulsel.com, perusahaan tambak udang milik PT. Sinar Sukses Persada berada di dusun sambone bone, desa Palajau, kecamatan Arungkeke, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan dan berdiri diatas lahan seluas 50 Hektar.

Jurnalis : Ipul
Editor : Rhenold

2 Comments

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Loading...
To Top