Bulukumba

Jauh Dari Kepedulian Pemerintah, Komeng Warga Bulukumba 10 Tahun Lemah Terbaring Akibat Gizi Buruk

BULUKUMBA, LINK1SULSEL.COM– Foto yang beredar di media sosial dengan seorang anak dengan kondisi yang sangat memprihatinkan dan jauh dari kepedulian pihak pemerintah setempat, Komeng 17 tahun, warga Dusun Tamampalalo Desa Tamatto, Kecamatan Ujungloe Kabupaten Bulukumba, 10 tahun terbaring lemah akibat menderita gizi buruk.

Gizi buruk atau yang dikenal sebagai Kwashiorkor dalam dunia medis, merupakan salah satu bentuk malnutrisi. Malnutrisi itu sendiri dapat dipahami sebagai kesalahan dalam pemberian nutrisi. Kesalahan bisa berupa kekurangan maupun kelebihan nutrisi.

Dengan dibantu beberapa aktivis mahasiswa UIT Rappocini di makassar yang peduli dengan kondisi adik Komeng, rekan-rekan media mendapatkan sumber Informasi dan melakukan komunikasi via seluler.

Menurut keterangan salah satu warga setempat Ahmad Hanafi yang bertetangga dengan Komeng penderita Gizi buruk merupakan anak dari puang Nompo, yang secara ekonomi hidup serba kekurangan, yang mana setiap harinya bekerja sebagai Buruh panggilan.

“Sangat prihatin dengan kondisi yang terjadi, dengan Komeng yang sudah 10 tahun terbaring dengan kondisi memprihatinkan, saya melihat ini bisa jadi kurangnya pendataan dari pemerintah setempat, dan ini menjadi faktor utama sehingga proses perbaikan gizi buruk yang di rancang pemerintah menjadi tidak maksimal dalam proses pelaksanaanya,” ungkap Ahmad.

“Pemerintah setempat memiliki Program Usaha Perbaikan Gizi Keluarga (UPGK) yang kami sangat harapkan dijalankan secara massif di tengah-tengah masyarakat, agar se segera mungkin menangani gizi buruk yang terjadi di kabupaten Bulukumba”. Tegas Ahmad Hanafi.(**)

2 Comments

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Loading...
To Top