Babinsa 1401/03 Membantu Petani

oleh

MAJENE, LINK1SULSEL.COM–Anggota Babinsa Koramil 1401/03 Sendana, Sertu Nirwan mendampingi petani membajak sawah guna persiapkan Musim Tanam, kegiatan pendampingan berupa mengolah Lahan dengan cara membajak sawah dengan alat Traktor dilaksanakan pada area persawahan milik warga binaannya, bertempat Di Dusun Binaga, Desa Binanga, Kecamatan Sendana, Kabupaten Majene, selasa (12/12/2017).

Pengolahan menggunakan Traktor adalah cara pengolahan lahan baru yang dapat membantu petani untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami karena dengan sistim Traktor ini akan mengubah sifat fisik tanah agar lapisan atas yang semula keras menjadi datar dan melumpur. Pada era dulu petani mengerjakan ini dengan menggunakan hewan seperti sapi sebagai penarik bajaknya.

Anggota Babinsa 1401/03 Sendana, Sertu Nirwan mengatakan kegiatan pendampingan kepada petani ini, merupakan perintah pimpinan sebagai hasil MoU antara Menteri Pertanian dengan Panglima TNI dalam rangka mensukseskan Program Swasembada Pangan. MoU antara Menteri Pertanian dengan panglima TNI telah ditandatangani, maka kami sebagai Babinsa harus siap melaksanakan isi MoU itu, diantaranya untuk menjadi pendamping para petani.

Secara terpisah, Dandim 1401/Majene, Letkol Inf Rahman mengaku telah memerintahkan Babinsa untuk terus melakukan pendampingan terhadap para petani agar Program Swasembada Pangan ini tercapai sesuai dengan target. Pengolahan menggunakan mesin traktor adalah cara pengolahan lahan baru yang dapat membantu petani untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami karena dengan sistim Traktor ini akan mengubah sifat fisik tanah agar lapisan atas yang semula keras menjadi datar dan melumpur.

“Pengolahan lahan menggunakan traktor ini diharapkan para petani akan lebih mudah merawat tanaman serta dapat menghasilkan panen yang lebih baik, sehingga kebutuhan pangan dapat terpenuhi dan bahkan dengan meningkatnya hasil panen akan mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan nasional, “Jelas Letkol Inf Rahman.

Laporan: Koma (Sis)

Loading...

Comments are closed.