DPMD Bersama TPP Menggelar Bursa Inovasi Desa

oleh

MAROS, LINK1SULSEL.COM–Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Maros bersama Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (P3MD) Kementerian Desa PDTT menggelar Bursa Inovasi Desa di Aula Serba Guna Pemkab Maros, Kamis (28/12)

Kepala Dinas PMD, Mustafa, mengatakan bahwa kegiatan Bursa Inovasi Desa ini merupakan program nasional Kemetarian Desa PDTT, yang dilaksanakan di bulan Desember ini.

Untuk mengakhiri tahun 2017 menuju 2018 tentu kita butuh inovasi-inovasi, karena selama ini di Desa Sumber Daya Manusia atau SDM nya terbatas, tambahnya.

Meskipun mereka selalu melakukan musyawarah desa, terkadang mereka bingung mau belanja apa, mau bikin kegiatan apa, maka dari itu melalui Bursa Inovasi Desa ini semua kepala desa memperoleh inspirasi atau ide dari praktek inovasi dari desa lain untuk selanjutnya direflikasi di desa nya, kata Mustafa.

Ia menambahkan, program-program yang ada di daerah lain ditampilkan atau dipamerkan adalah program yang telah sukses khususnya ide,sehingga desa yang ada di Maros dapat mereflikasi atau mencontohnya.

Sementara itu Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Maros, Andi Mappisona mengatakan bahwa kehadiran Program Inovasi Desa melalui Bursa Inovasi desa, agar desa memanfaatkan Dana Desa sesuai potensi yg dimiliki oleh desa, agar berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, sesuai dengan yg diamanahkan oleh UU No. 6/2014 tentang Desa.

Mappisina menambahkan, bahwa kegiatan Bursa Inovasi Desa Tingkat Kabupaten Maros 2017 ini diharapkan memberi sebanyak mungkin inspirasi bagi seluruh Kepala Desa dan BPD terkait ide-ide inovasi maupun praktek-praktek inovasi yang sudah desa-desa miliki.

Di acara Bursa Inovasi Desa ini, satu sama lain desa bisa saling tukar fikiran, saling berdiskusi terkait praktek-praktek terbaik (Best Practice) dalam penyelenggaraan pemerintahan desa dan pemberdayaan masyarakat yang ada di desa masing-masing sehingga menjadi inspirasi dan selanjutnya bisa direplikasi didesa nya jika sesuai dengan kebutuhan masyarakatnya, tandas A. Mappi.

Laporan:(AB)

Loading...

Comments are closed.