Makassar

Makassar Menjelang Tahun Baru, Dzikir dan Doa Warga Dari Segala Penjuru Lorong

MAKASSAR, LINK1SULSEL.COM–Menjelang pergantian tahun menuju tahun baru 2018, Pemerintah Kota Makassar terlihat memiliki sejumlah agenda religi. Salah satunya yakni zikir dan barzanji yang digelar di Tribun Lapangan Karebosi, ba’da magrib, Minggu, (31/12).

Wali kota Makassar Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menuturkan, pihak pemerintah kota Makassar memang sengaja memperbesar kegiatan keagamaan menjelang akhir tahun tersebut. Mengingat menurut dia, tahun 2018 yang akan segera dimasuki merupakan tahun-tahun politik.

“Kita berharap hal ini bisa memperkecil resistensi gab politik di masyarakat. Skalasi Pilgub dan Pilwali sudah terasa agak memanas, yah lagi-lagi kita harus memperbanyak kegiatan keagamaan sebagai perekat,” ucapnya.

Zikir dan barzanji ini sendiri dihadiri ribuan masyarakat dari berbagai elemen. Baik dari instansi pemerintahan, Ormas, Organisasi Kepemudaan, dan berbagai professi lainnya. Mereka berasal dari segala penjuru lorong-lorong yang ada di kota ini dan menyesaki tempat berlangsungnya kegiatan.

“Banyak rangkaian kegiatan pada pergantian tahun. Kita mulai dengan zikir akbar, kemudian hiburan rakyat, lalu mengawali tahun dengan salat subuh berjamaah dan kegiatan aksi bersih laut Losari. Ada ormas, pegawai pemkot, berbagai agama juga hadir ikut bersih laut,” kata Wali Kota berlatar belakang arsitek ini.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pusat perayaan pergantian tahun kali ini yakni di sepanjang anjungan Pantai Losari dan lokasi proyek Center Point of Indonesia (CPI) di Jalan Metro Tanjung Bunga.

“Kami pusatkan di kawasan Pantai Losari. Silakan yang mau datang melihat pesta kembang api, kita salat subuh dan bersih laut,” jelas Danny.

Tak lupa, Danny sapaan karibnya, mengimbau kepada seluruh pengunjung perayaan tahun baru 2018 ini untuk tetap menjaga kebersihan, keamanan, termasuk orang tua yang membawa anaknya.

“Ini yang penting, jaga anak, kebersihan dan keamanan selama pergantian tahun,” ucapnya.

Terkait perayaan malam Tahun Baru ini, sejumlah jalan protokol di sekitar Pantai Losari dialihkan sementara, yakni Jalan Penghibur, Jalan Sultan Hasanuddin, Jalan Botolempangan, Jalan Ali Malaka, Jalan Yosef Latumahina dan Jalan Kajaolalido.

2 Comments

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Loading...
To Top