BALAIKOTA MAKASSAR

Atasi Kebakaran, Wali Kota Danny Luncurkan Pekarong

MAKASSAR, LINK1SULSEL.COM–Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto meresmikan Pekarong (Pemadam Kebakaran Lorong) di Jalan Flamboyan Barat No. 42, RW 4, RT D, kelurahan Kampung Buyang, kecamatan Mariso, Minggu, 7 Januari 2018.

Danny disambut histeria warga saat tiba di Kampung Buyang. Meski diguyur hujan deras, Danny bersama warga tetap semangat mengikuti peresmian sore itu.

Pekarong salah satu inovasi yang dihadirkan oleh Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Makassar yang khusus melayani lorong – lorong yang rawan kebakaran.

Bentuknya sederhana, terdiri dari tandon berkapasitas 2 kubik atau 2.000 liter air, mesin pemompa portable yang dilengkapi konektor, dan selang air dengan daya jangkau hingga 150 meter.

Alat ini juga dilengkapi lonceng yang berfungsi sebagai alarm saat terjadi kebakaran, dan Apar (Alat Pemadam Api Ringan) berupa tabung yang berisi karbon dioksida sebagai bahan pemadamnya.

“Kebakaran harus dicegah dengan menghindari faktor resiko terjadinya kebakaran. Kalaupun terjadi, penanganan 4 menit awal sangat menentukan. Semakin cepat tertangani semakin sedikit korban, baik materi ataupun non materi,” jelas Danny.

Melihat pentingnya Pekarong dalam penanganan kebakaran, Danny berinisiatif menambah anggaran pengadaan Pekarong di APBDP 2018 nanti. Harapannya, alat itu dapat memberikan bantuan teknis ekstra cepat sebelum armada Damkar tiba di lokasi kebakaran.

Saat peluncuran Pekarong, dilakukan simulasi pemadaman api dengan menggunakan Pekarong. Di simulasi itu, warga terlihat sigap dalam memadamkan api yang mampu dikuasai kurang dari 4 menit.(**)

Comments
To Top