Makassar

SMPN 10 Makassar Terapkan Pendidikan Karakter Di Sekolah

MAKASSAR, LINK1SULSEL.COM– Seperti yang dilakukan sekolah lainnya, SMP Negeri 10 Makassar juga menggunakan hari jumat sebagai hari pengembangan dan pembinaan agama. Kegiatan yang sering disebut sebagai jumat ibadah ini, menurut Topan Adil selaku kepala sekolah, dimanfaatkannya sebagai salah satu cara dalam menerapkan pendidikan karakter pada siswa.

Di ruang kantornya, selasa Kepada media (16/1/2018) Topan mengatakan, dalam pelaksanaan jumat ibadah di sekolahnya, selain guru yang memberikan tauziah, siswa pun diberikan kesempatan untuk tampil sebagai penceramah dihadapan guru dan teman-temannya. Kesempatan ini diberikan agar siswa lain yang melihat temannya tampil sebagai penceramah dapat tergugah dan belajar untuk bisa juga seperti itu.

Topan mengharapkan penerapan jumat ibadah yang di lakukan sekali seminggu ini dapat menjadi pendidikan karakter bagi siswa. Selain itu, sebagai kepala sekolah yang telah bertugas sekira lima bulan ini dalam menjalankan fungsinya lebih mengedepankan suri tauladan dalam pengajarannya.

Suri tauladan itu salahsatunya diterapkan saat menjaga lingkungan sekolah agar tetap bersih dengan memungut sendiri sampah yang ditemuinya.

“Dengan memperlihatkan kita sebagai guru juga ikut memungut sampah, siswa dengan sendirinya pun akan melakukan itu,” tutupnya.

LAPORAN: MOKO

Comments
To Top