Buktikan Komitmen, Samsat II Makassar Beri Kemudahan Pelayanan Masyarakat Bagi Pemilik Kendaraan

oleh

MAKASSAR, LINK1SULSEL.COM- Badan Pendapatan Daerah Sulsel bekerjasama Direktorat Lalulintas dan PT Jasaraharja membuktikan komitmennya menjadi pelayanan masyarakat.

Hal itu ia perlihatkan dengan hadirnya Kantor Samsat Makassar II yang beralamat di Jl Pajaiyyang, Kelurahan Sudiang Raya, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar.

Kantor ini statusnya sama dengan kantor pelayanan Samsat Makassar yang ada di Induk, atau yang berada di Jl Mappanyukki, Kecamatan Mariso, Makasssar.

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) sebagai leading sektor pembayaran pajak ini sengaja membagi dua kantor Samsat di kota Makassar, dengan tujuan untuk memudahkan akses masyarakat ( pemilik kendaraan) melaksanakan kewajibannya sebagai wajib pajak.

Pantauan awak media Kamis (1/3/2018) di Kantor Samsat Makassar II, pelayanan yang disuguhkan para pegawai bak pelayanan bank swasta.

Saat wajib pajak kendaraan masuk di ruang pelayanan, ia harus mengambil nomor antrian.

Nomor antrian itu tentunya guna menghadirkan budaya tertib dalam pengurusan registrasi pajak kendaraan atau verifikasi berkas.

Mereka terlihat sudah bersinergi, dimana wajib pajak yang datang itu dilayani secara terstruktur, mulai dari mengambil nomor antrian, setelah itu mengisi form tujuan kemana wajib pajak ingin berurusan.

Adapun pelayanan yang tersedia di Samsat Makassar II diantaranya pelayanan pemberkasan kendaraan baru (BBN 1), pengesahan stnk, duplikat stnk (kehilangan), cek fisik kendaraan.

Pamin STNK Samsat Makassar II Iptu Ade Firmansyah mengatakan syarat untuk pelayanan kendaraan baru (bbn1) yakni menyetor faktur kendaraan dari dealer, memperlihatkan ktp pemilik, mengisi form, dan cek fisik kendaraan

Untuk pengesahan stnk wajib pahak harus perlihatkan bpkb asli dan stnk asli, selain itu sertakan ktp pemilik kendaraan.

Sedangkan untuk pergantian lima tahun wajib pahak harus cek fisik kendaraan, bpkb, stnk dan ktp serta mobil dibawah.

Untuk duplikat atau STNK hilang itu Surat keterangan hilang STNK dari polisi harus di bawah, memperlihatkan BPKB asli, cek fisik kendaraan, da KTP.

Ade melanjutkan di Samsat Makassar II, pihaknya intens komunikasi dengan pihak Badan Pendapatan Daerah.

“Pastinya ini untuk menjaga stabilitas pelayanan di Samsat. Dengan kordinasi semua akan berjalan dengan lancar,” ujar Ade.

Seperti diketahui Samsat Makassar II membawahi tujuh kecamatan di Makassar, diantaranya Panakkukang, Tamalanrea, Biringkanaya, Bontoala, Wajo, Ujung Tanah, Tallo.

” Samsat Makassar II ini melayani PKB yang bermukim di utara dan timur kota Makassar,” ujarnya

Lebih jauh ada mengatakan, Kantor Samsat Makassar II telah beroperasi beberapa bulan lalu, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo yang meresmikan langsung kantor yang berada dekat Gor Sudiang ini.

Selama sehari perpanjangan Pajak Mencapai 300 kendaraan lebih.

Kami berharap Warga Makassar wilayah Samsat II Hindari Calo-calo yang untuk mempermudah akses pelayanan Makassar, Padahal pelayanan samsat II Mudah dan cepat ,” ujarnya.

Laporan :(MK)

Loading...