Makassar

Parah! Pencairan BOS di Makassar Telat, Kepsek Terpaksa Hutang Kanan Kiri

MAKASSAR, LINK1SULSEL COM– Para guru dan kepala sekolah mengeluhkan keterlambatan pencairan dana bantuan operasional sekolah (BOS) dari pemerintah. Sudah masuk di bulan ketiga tahun ajaran 2018, dana BOS untuk SD dan SMP di Kota Makassar belum cair sehingga sekolah terpaksa berutang untuk menutupi kebutuhan operasional sekolah.

” Salah satu Kepala SD Negeri di Makassar mengatakan, kepala sekolah dan guru dibuat pusing dengan keterlambatan pencairan BOS. Sekolah harus mencari pinjaman untuk menutupi biaya operasional sekolah.

“Selama ini, saya pinjam dana di teman Itupun kalau sedang ada, jika lagi kosong maka cari pinjaman ke yang lain,” kata Kepsek yang enggan menyebut Namanya.

Menurutnya, dana BOS sudah tidak cair sejak awal Januari. Idealnya, pencairan dana BOS rutin direalisasikan setiap tiga bulan sekali. Namun  pencairan dana BOS tidak pernah tepat waktu. Setiap tahun, pasti telat sehingga membuat resah kami sebagai kepala sekolah, guru, dan tata usaha yang bekerja di sekolah,” Katanya Senin (19/3)

Hal serupa di Utarakan Kepala SMP Negeri 29 Makassar, melalui selularnya ia juga belum mengetahui anggaran BOS kapan cair, sementara menurut dia Laporan pertanggung Jawaban atau biasa disebut (LPJ) sudah lama di setor ke Dinas.

“Anggaran lambat otomatis kami pinjam, itupun ada yang kasih pinjam di pakai dulu dan jika tidak ada ya terpaksa tunggu BOS turun, Tuturnya.

Mengenai keterlambatan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) H.Ahmad selaku pengurus Dana Bos Kota Makassar menjelaskan, kami sudah kordinasi dengan Satker Dinas Pendidikan Provinsi katanya dalam minggu ini. Mengenai kendala kami tidak tau apa alasan diknas Provinsi lambat mencairkan anggaran.Coba tanyakan ke Diknas Provinsi,” Jelas Ahmad.

Ia menambahkan, bahwa kami selalu berupaya untuk mempercepat anggaran Dana Bos namun kami dari Diknas Kota Makassar tidak memiliki kendala. Seperti tahun tahun kemarin selalu terlambat di Dinas Pendidikan Provinsi,” Ujar ahmad.

” Sementara di Tempat terpisah KABID Dikdas Kota Makassar melalui selularnya terkait keterlambatan Dana BOS belum dapat di hubungi. Setelah berita ini turun anggaran BOS di Makassar masih abu abu.

(MOKO)

To Top