BALAIKOTA MAKASSAR

Dukung Program Pemerintah, Warga Maccini Gusung Antusius Timbang Sampah

MAKASSAR, LINK1SULSEL.COM– Salah satu program pemerintah Walikota Makassar adalah Makassar Tidak Rantasa (MTR), Program ini cukup berjalan dengan baik. Program ini selain melestarikan dan menjaga lingkungan yang bersih juga warga MAKASSAR dapat melakukan aktivitas yang menghasilkan.

Seperti yang terpantau awak media, Bank Sampah Unit (BSU) Paraikatte RW 06 dijalan Maccini Sawah Kelurahan Maccini Gusung, Kecamatan Makassar kembali melakukan penimbangan sampah rutin, Jumat (23/3/2018).

Selain mendukung program Makassar Tidak Rantasa, juga mampu menambah pendapatan warga secara ekonomi.

Direktur BSU Paraikatte, Muliana mengatakan antusiasme warga dalam menjaga lingkungan dapat pula dimanfaatkan untuk menambah penghasilan dengan menukarkan sampah dengan uang.

“Setiap sampah baik jenis plastik maupun Karton bernilai Rp. 5500/kilogram untuk sampah bersih dan Rp. 1800/kilogram untuk sampah kotor. Warga yang datang membawa sampahnya langsung akan diberikan Buku Tabungan,” kata Muliana

Buku tabungan inilah yang akan diisi sebagai bukti jumlah saldo yang setara dengan nilai sampah yang ditukar,
Muliana menambahkan, tercatat sebanyak 23 nasabah BSU Paraikatte.

Sementara itu, staf Kelurahan Maccini Gusung, Sri Usbaeni Bugik mengatakan yang paling pokok dari program Makassar Tidak Rantasa yakni perubahan pola pikir masyarakat agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan sehingga dapat dibudayakan dalam kehidupan sehari-hari.

“Program ini telah berjalan di masing-masing RW,Tujuannya bagaimana mengubah pola pikir warga tentang sampah yang tidak mempunyai nilai dan ternyata miliki nilai tambah dari segi ekonomi, Yang paling penting kebersihan dapat terjaga,” katanya.

Editor:(MOKO)

Laporan: Khadijah

To Top