Makassar

CASTING FILM “de TOENG” BERNUANSA MISTIS

Nuansa mistis mewarnai casting film ” de toeng ‘ hari terakhir di RED CORNER caffe.

ketika salah satu peserta casting diminta menyanyikan royong kematian, tiba-tiba satu peserta lainnya ‘ kerasukan’ roh nenek toeng, lewat peserta yang kerasukan’ nenek toeng’ menegaskan kisah hidupnya yang penuh kepedihan dan meminta penulis skenario sekaligus sutradara film ini betul-betul menampilkan kisahnya sekaligus menyatakan rasa terima kasihnya telah mengangkat kisahnya.

Komunikasi yang dilakukan lewat seorang mediator yang memiliki indigo itu, rupanya kisah nenek toeng di bukit toeng jeneponto bukan sekedar isapan jempol atau mitos belaka. dibuktikan dengan hadirnya ‘ roh’ nenek toeng dalam casting kemarin makin menegaskan kisah ini betul-betul terjadi di bukit toeng. hal aneh tentu karena penulis skenario sekaligus sutradara film ini adalah bayu pamungkas asal jakarta.

Bagaimana kisah yang ia tulis tiba-tiba menjadi nyata KISAH DIBALIK CERITA FILM de TOENG berawal dari perjalanan bayu pamungkas yang tak sengaja sedang mampir ke jeneonto untuk hunting lokasi sebuah film 10 bulan yang lalu. singgahlah ia di bukit toeng nan sunyi dan jauh dari kampung penduduk. sebagai orang jakarta mendengar kata ‘toeng’ menggelitik hatinya sebuah kata yang unik buatnya. walau toeng tidak asing bagi masyarakat makasar dan sulsel pada umumnya, ia kemudian mendapati kisah kenapa bukit itu dinamai bukit toeng.

Ada kisah pedih tentang suara toeng dan nyanyian royong nenek yang masih kerap terdengar di waktu- waktu tertentu oleh masyarakat setempat, kisah ini menjadi mitos turun temurun yang berkembang di masyarakat. mengenai siapa nenek toeng memang tidak ada yang bisa memastikan.

Dari kisah itu sepulangnya dari jeneponto bayu pamungkas melakukan observasi kecil kecilan kepada beberapa narasumber untuk mengeksplore dan memperkuat ceritanya, maka lahirlah konsep film de TOENG yang kini sudah siap diproduksi, walau butuh 10 bulan untuk merealisasikan projek film ini, kejadian kesurupanan di kegiatan casting kemarin makin menegaskan nuansa horor pada film ini. ( KOMEK )

Loading...
To Top