Makassar

Serunya Belajar Dunia Penerbangan Siswa SDIT Insantama Makassar

MAKASSAR, LINK1SULSEL.COM–Siswa(i) SDIT Insantama Makassar mendapatkan pengalaman tak terlupakan saat mengadakan visiting ke Akademi Teknik Keselamatan Penerbangan (ATKP) Makassar.

Kegiatan kunjungan pada Kamis (5/4) ini bertujuan memberikan pembelajaran secara langsung kepada siswa seluk beluk dunia penerbangan dan simulator pesawat.

Saat tiba di kampus ATKP,rombongan disambut jajaran staf ATKP lalu dibawa ke ruang lobby untuk pengarahan singkat dari bapak Musrikam selaku Kasubag Umum ATKP Makassar.

“Kami sangat mengapresiasi kedatangan siswa SDIT Insantama dan sangat mendukung kegiatan visiting sebagai rangkain pembelajaran, bukan hanya teori di kelas”katanya

Selanjutnya siswa dengan didampingi Ibu Nining selaku Kaprodi Keselamatan Penerbangan mengajaknsiswa menuju laboratorium ATC Simulator(Air Traffic Controller) di lantai 3 ATKP yang didalamnya ada miniatur bandara.

Beliau menjelaskan dunia penerbangan yang brhubungn dengan pesawat seperti runway ,pelataran pesawat(apron),tower dll. dll..beliau jg mnjelaskan Juga tugas ATC sebagai pemandu lalu lintas udara yang mmberikan instruksi dan informasi kepada pilot untuk melakukan pergerakan agar terhindar dari bahaya,saat pesawat mulai bergerak dari Apron sampai tujuan,hingga contoh komunikasi antara pemandu dan pilot.

Selanjutnya siswa ke laboratorium CPdLc (Controller pilot data Link communication) yang masih berada di lt 3. Siswa ditemani oleh kakak taruna dan taruni menjelaskan beberapa fungsi peralatan elektronik komunikasi dengan pilot dan simulator pesawat terbang dengan peralatan ruang kockpit pesawat.

Tampak siswa sangat antusias mndengarkan penjelasan dan mngajukan pertanyaan. Siswa juga menuju lantai 1 di belakang kampus tempat hanggar pesawat serta heliped.

Pada tempat ini siswa secara langsung melihat fisik pesawat,staf yg bertugas di bagian tersebut menjelaskan bagian bagian pesawat dan fungsinya. Setelah cukup mengamati maka siswa kembali ke ruang lobby untuk penutupan sekaligus penyerahan cendramata.

“unforgettable moment bagi siswa kami bisa belajar dunia penerbangan.Terima kasih kepada keluarga besar ATKP Makassar,” ujar Syamsuddin, ketua panitia mewakili keluarga besar SDIT Insantama kepada bapak Musrikam mewakili keluarga besar ATKP.

To Top