Polres Parepare Akan Panggil Kembali Taufan Pawe, Ketua Tim Pemenang TP : Kami Tidak Tau

oleh

PAREPARE, LINK1SULSEL.COM– Kepolisian Resort (Polres) Kota Parepare, Satuan Reserse dan Kriminal telah melayangkan surat panggilan kepada Taufan Pawe, Walikota Parepare nonaktif, namun terperiksa tidak memenuhi panggilan terkait Dugaan Kasus Pelanggaran Pidana Pemilukada yakni Program Rastra, rabu (9/5/2018).

Hal ini diungkap Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Parepare, Ajun Komisaris Polisi AKP Herly Purnama mengatakan pihak penyidik Polres Polres Parepare telah melayangkan surat pemeriksaan pada pekan lalu kepada Taufan Pawe, tapi tidak hadir. Pada Hari Jumat ini, kami kembali jadwalkan pemanggilan karena pada saat pemanggilan pertama yang bersangkutan sedang berada di Jakarta. Kasus ini berawal dari Rekomendasi Panwaslu ke Polres Parepare pada 28 April 2018, dengan nomor 83/SN-24/PM-00.05/IV/2018, kasus inipun masih dalam tahap Lidik.

Sedangkan saat dikonfirmasi melalui telepon Ketua Tim Pemenangan Taufan Pawe – Pangerang Rahim, Kaharuddin mengatakan saya tidak tau terkait persoalan surat pemanggilan oleh pihak Polres Parepare tersebut.

Diketahui Taufan Pawe yang juga Walikota Parepare sendiri tengah diproses Dugaan Kasus Pelanggaran Pidana Pemilukada yakni Program Rastra, dengan dijerat Pasal 188 UU Nomor 1 Tahun 2015 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota. Pada surat bernomor 83/SN-24/PM-00.05/IV/2018 perihal pemberitahuan status laporan itu, menyebutkan berdasarkan hasil penelitian dan pemeriksaan terhadap laporan yang masuk dan hasil kajian Pangawal Pemilihan, salah satu warga dengan No. 05/LP/PW/Kot/27.02/IV/2018 status laporannya diteruskan ke Kepolisian Resort Kota Parepare dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Parepare.

Surat yang ditandatangani Ketua Panwaslu Parepare tersebut disimpulkan jika laporan yang diterima diduga memenuhi unsur Pasal 188 Juncto Pasal 71 ayat (3) Undang-undang Nomor 10 tahun 2016 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota, diteruskan kepada Polresta Parepare dan diteruskan pula sebagai Pelanggaran Administrasi kepada KPU Parepare. KPU pun sendiri telah mendiskualifikasi Taufan Pawe sebagai Calon Walikota Parepare.

Editor:(Koma)

Laporan :(Sis)

Loading...