Makassar

Panwas Makassar Sudah Mengirim Hasil Rekap dan Bukti Pelanggaran Ke Bawaslu RI

MAKASSAR, LINK1SULSEL.COM — Menyikapi klaim kemenangan di Pilwali Makassar 2018, Panwaslu Makassar telah mengantongi bukti pelanggaran dan hasil rekap perolehan suara di seluruh kecamatan se-Kota Makassar.

Adanya klaim pengakuan kemenangan dipilkada Makassar merujuk kepada hasil C1 para saksi dan pemantau di TPS, pihak panwas menilai bahwa siapaun pemenangnya tentu adalah hasil akhir yang mendapat legitimasi hukum sesuai fakta.

Hal tersebut diungkapkan Humas Panwaslu Makassar, Muh. Maulana kepada awak media, bahwa opini yang berkembang adanya saling klaim itu adalah hal yang biasa. Menurut Maulana, pengakuan yang bisa diterima tentu berdasar hukum.

“Kesiapan kami telah jauh hari sebelumnya termasuk rekapitulasi kami juga telah rampung dan hasil rekapitulasi tersebut telah kami kirimkan sebagai laporan kepada Bawaslu RI dan Bawaslu provinsi, ” kata Maulana, rabu (4/7/18).

Berbagai bukti kecurangan yang ditemukan, diantaranya adanya temuan dugaan pemalsuan C1 dibeberapa tingkatan penyelenggara, Panwaslu sudah laporkan ke Bawaslu Provinsi dan Bawaslu RI.

“Soal bukti pelanggaran yang kami temukan, kami juga memastikan akan langsung menindaki segala temuan dugaan pemalsuan data c1 yang kami sinyalir berlangsung massif di beberapa kecamatan, ” ungkap Maulana.

Terkait hasil penyelidikan dugaan pelanggaran, sejauh ini terhadap beberapa laporan dan temuan, cukup memberikan kami gambaran yang jelas, tentang pola dan modus kecurangan yang terjadi pada rekapitulasi suara, kunci Maulana. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top