Makassar

Luar Biasa, Lantamal VI Ubah Aliran Sungai Kanal Paotere Jadikan Ajang Lomba

MAKASSAR, LINK1SULSEL.COM—Biasanya kanal atau aliran sungai yang berada di perkotaan identik tercemar limbah dan polutan sehingga kurang layak dijadikan tempat berenang. Namun, di salah satu Kanal di Makassar tepatnya dekat pelabuhan Paotere dijadikan tempat ajang perlombaan renang yang diadakan oleh Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI), Jum’at (06/07/2018).

Kanal yang semula kotor dan dipenuhi sampah organik maupun non organik ini, disulap menjadi bersih dan menjadi salah satu tempat ajang wisata untuk berbagai pertandingan olahraga air, salah satu contohnya adalah lomba renang kanal.

Ajang lomba renang kanal yang mengambil jarak 50 meter ini adalah yang pertama kali dilaksanakan di kota Makassar dan merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam memperingati HUT ke-68 Lantamal VI tahun 2018, diikuti oleh para peserta yang terdiri dari unsur maritim dan masyarakat sekitar kanal tersebut.

Dalam sambutan Danlantamal VI Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono, S.H., M. Tr (Han) yang dibacakan oleh Wadan Lantamal VI Kolonel Marinir Rasman, M. Tr (Han) menyampaikan lomba renang kanal ini bertujuan untuk membangun kebersamaan dalam menjaga dan mewujudkan kebersihan laut dari sampah dan limbah yang berasal dari aliran sungai/kanal disekitar tempat tinggal karena limbah yang ada berasal dari sampah-sampah rumah tangga di perkotaan yang terbawa oleh aliran sungai/kanal yang kemudian menuju ke laut.

“Kegiatan renang kanal ini dimaksudkan untuk menggugah dan mengingatkan kita kembali tentang betapa pentingnya kebersihan sungai dan kanal di sekitar kita untuk menciptakan kebersihan laut sebagai sumber nutrisi dan protein sebagian besar penduduk kota Makassar dan semoga dapat menjadi inspirasi dan pendorong bagi kita semua untuk selalu menjaga kebersihan sungai, kanal dan laut secara sinergik dan berkesinambungan”, ujar Wadan Lantamal VI yang membacakan sambutan Danlantamal VI.

Antusias para warga pun terlihat bersemangat dalam mengikuti lomba renang ini serta kemeriahan pun terjadi ketika para warga yang menjadi penonton turut menyemangati perenang andalannya. Dalam ajang ini, semua para peserta yang ikut mendapatkan hadiah berupa sertifikat yang ditambah dengan uang pembinaan dari para panitia lomba.

Rencananya, lomba renang kanal tersebut akan diadakan lagi secara berkelanjutan dengan hadiah yang lebih menarik asalkan masyarakat sekitar dapat selalu menjaga kebersihan kanal paotere ini, tambah Wadan Lantamal VI.

Tampak hadir para undangan dari perwakilan unsur maritim, dan pemerintahan setempat serta para pejabat sipil, TNI dan POLRI dalam pembukaan lomba renang Kanal ini.(*/ibnu)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top