Parepare

Karantina Parepare Pastikan Seribu Sapi Yang Terkirim di Kalimantan Dalam Kondisi Sehat

PAREPARE, LINK1SULSEL.COM– Badan Karantina Pertanian Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Parepare, kembali memastikan kesehatan seluruh sapi yang menjadi hewar kurban untuk tahun ini, dijamin aman, kamis (6/8/2018).

Hal tersebut, diungkapkan Kepala Sub Seksi Pelayanan Operasional, Ahmad Nadif mengatakan pengiriman sapi dilakukan dua kali sepekan setiap hari Sabtu dan Minggu, dalam beberapa pekan terakhir, sapi yang dikirim hampir mencapai 1000 dan berasal dari beberapa daerah di antaranya, dari Bone, Jeneponto, Sinjai dan Polman. Sapi tersebut, akan dibawa ke beberapa daerah di Kalimantan yakni, Nunukan, Samarinda, Balikpapan, Tarakan, dan Batulicin.

Lebih lanjut Ahmad Nadif menjelaskan setelah sapi sampai di karantina, pemeriksaan dilakukan terhadap beberapa poi kelengkapan di antaranya, administrasi, fisik dan kesehatan dengan pengambilan sampel darah untuk memastikan bahwa sapi yang tidak berpenyakit. Jika ditemukan penyakit, maka dilakukan potong paksa. Tiap pemeriksaan biasanya ditemukan hanya 1-2 ekor. Jadi, pemeriksaan dilakukan selama 2-3 hari, adapun untuk makan minum sapi ditanggung pedagang, dan pengirimannya tergantung jadwal kapal.

“Untuk memastikan lebih jauh keamanan sapi di karantina, pihaknya juga meminta Surat keterangan sehat hewan dari daerah asal. Karena, katanya, jika tidak dilengkapi pihaknya juga akan menolak. Bahkan, untuk kembali memastikan keaslian dokumen, pihaknya melakukan verifikasi melalui berkoordinasi dengan instansi terkait daerah. Pemeriksaan sapi dilakukan secara menyeluruh satu, karena kami tidak ingin mengambil resiko jika ada yang lolos, serta berpenyakit jika menggunakan dengan metode acak. Kami memastikan semua sapi diperiksa sebelum diberangkatkan, dan menjamin kesehatannya. Semua sapi berjenis kelamin jantan dan sesuai dengan umur maupun bobot,”Tutur Ahmad Nadif.

Editor:(Koma Online)

Laporan (Sis)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top