DPU Kota Makassar Apresiasi Pengelolaan Sanitasi Dan Air Bersih Kecamatan Manggala

oleh

MAKASSAR, LINK1SULSEL.COM– Penyedia Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) merupakan salah satu program yangq dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia dengan dukungan Bank Dunia. Program ini dilaksanakan di wilayah pedesaan dan pinggiran kota, 15 September 2018.

Program PAMSIMAS bertujuan untuk meningkatkan jumlah fasilitas bagi warga masyarakat kurang terlayani, termasuk masyarakat berpendapatan rendah di wilayah pedesaan dan peri-Urban. Dengan PAMSIMAS, diharapkan mereka dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan serta meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Program PAMSIMAS 1 (satu) dilaksanakan pada tahun 2008 sampai tahun 2012 di 110 Kabupaten/ Kota dari 15 Provinsi. PAMSIMA I berhasil diterapkan pada 6.854 desa, terdiri dari 6.262 desa reguler dan sekitar 593 desa replikasi.

Kemudian, PAMSIMAS II dari tahun 2013 sampai dengan tahun 2015 telah berhasil meningkatkan jumlah warga miskin pedesaan dan pinggiran kota yang dapat mengakses pelayanan air minum dan dan sanitasi, serta meningkatkan nilai dan perilaku hidup bersih dan sehat disekitar 12.000 desa yang tersebar di 223 kabupaten/ kota.

Salah satunya KP – SPMAS yang diketuai oleh Husni Mubaraq, PAMSIMAS yang terbentuk di Kecamatan Manggala sejak tahun 2010 lewat tangan dingin Husni Mubaraq, berawal dari rapat dengan pemerintah Kelurahan Manggala. Menurut Husni Mubaraq, beberapa waktu yang lalu Badan Kesewadayaan Masyarakat perpanjang tangan dari pemerintah yakni Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Makassar, dengan menilai Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri.

“Jadi PANSIMAS yang kami kelola ini itu berawal dari hasil koordinsasi dengan Dinas PU Kota Makassar, kami coba mengusulkan untuk diberi ruang dan support, itu pada tahun 2010, alhamdulilah, Dinas PU Kota Makassar merespon positif permohonan kami, dan sampai saat ini kami bisa berjalan dengan statistik semakin naik, ” kata Ketua KP-SPAMS Manggala, Husni Mubaraq.

Hadirnya PAMSIMAS di Kecamatan Manggala sampai hari ini, kata Husni jumpah pelanggang sudah mencapai 378 sambungan rumah yang terbagi di dua kelurahan di Kecamatan Manggala. Adapun dari 378 rumah tersebut berasal dari warga yang berstatus kemampun ekonomi menengah kebawah, kata Husni.

Adapun sumber mata air untuk PAMSIMAS tersebut itu bersumber dari mata air yang produksi dari sumur bor. Untuk PAMSIMAS Manggala, sampai saat ini sudah memilik sumber mata air sebanyak 3 titik ditempat yang berbeda, dengan kecepatan semburan mesin pompa 5 liter perdetik.

“Jadi minat pelanggang untuk menikmati produksi Air Bersih PAMSIMAS di Manggala, kami juga berlomba mengimbangi kebutuhan masyarakat disekitar dengan menyiapkan sampai saat ini 3 sumber mata air, ” ungkap Hunsi Mubaraq.

Sementara itu Ketua FK – LPM Manggala Andi Pasamangi Wawo sangat mengapresiasi lahirnya PAMSIMAS di Kecamatan Mangggala, menurut Andi Pasamangi, bahwa hadirnya PAMSIMAS merupakan jawaban dari apa yang menjadi kebutuhan sebagian warga Makassar, terkhusus bagi warga Manggala yang masuk dalam kategori sosial menengah ke bawah.

“Sangat inovatif, dan inilah yang disebut sebuah respon dalam menjawab apa yang menjadi kebutuhan warga, apalagi layanan air bersih, PAMSIMAS dan KP – SPAMS Manggala, kami dari LPM sangat mengapresiasi, ” ungkap Andi Pasamangi Wawo.

Senada dengan itu, Andi Ansar selaku Lurah Manggala ikut mengapresiasi KP – SPAMS dan PAMSIMAS di Manggala, selain sebagai penyedia air bersih dan sanitasi, KP – SPAMS ini juga telah membuka lapangan kerja dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat disekitar, ucap Lurah Manggala Andi Ansar.

Apresiasi juga datang dari Dinas Pekerjaan Kota Makassar, melalui Humas PU, Hamka Darwis menyampaikan apresiasinya kepada KP – SPAMS Kecamatan Manggala.

“Kami sangat mengapresiasi sistem pengelolan PAMSIMAS di Kecamatan Manggala, harapanya, kedepan bisa lebih baik lagi, khususnya pelayanan, sehingga hadirnya PAMSIMAS di Manggala bisa menjadi motivasi bagi para KP – SPAMS lainnya, ” ucap Hamka Darwis.

Diketahui, KP – SPAMS Kecamatan Manggala pada tahun 2016 menerima penghargaan dari Wali Kota Makassar, Ir. Moh. Ramdhan Pomanto sebagai KP – SPAMS terbaik di Kota Makassar. Kemudian dalam waktu dekat, kembali Wali Kota Makassar , Danny Pomanto akan mengunjungi KP – SPAMS Manggala.(**)

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *