150 Staf Dinas PU Kota Makassar Dibekali Sertifikat Kompetensi Kerja

oleh

MAKASSAR, LINK1SULSEL.COM – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar menggelar bimbingan teknis (bimtek) dan fasilitasi uji kompetensi bidang pengawasan konstruksi melibatkan unsur Kejaksaan Negeri (Kejari) dan Polrestabes Makassar, di Hotel Asyra, Makassar, Selasa kemarin (18/09/2018).

Berlangsung selama empat hari hingga 21 September mendatang, kegiatan ini diikuti 150 staf Dinas PU Makassar sekaligus diberi bekal sertifikat kompetensi kerja.

Kepala Dinas PU Makassar, M Ansar mengatakan, tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut demi mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) sehari-hari.

Apalagi undang-undang nomor 2 tahun 2018 telah mengamanahkan jika setiap tenaga kerja konstruksi yang bekerja di bidang jasa wajib memiliki sertifikat kompetennsi kerja. Dengan demikian, kata Ansar, pihaknya melaksanakan bimbingan teknis dan uji kompetensi bagi tenaga pengawas teknik lingkup Dinas PU Makassar.

“Selain itu, juga memberikan bimtek tentang pengawasan kegiatan ke PU-an, menciptakan SDM yang handal dan berkompoten dalam penerapan pengawasan teknis,” katanya.

Pada bimbingan teknis ini, lanjut Ansar, para peserta diberikan materi terkait dengan perlindungan hukum dalam penyelenggaraan jasa konstruksi. Para peserta pun diberikan pemahaman tentang pencegahan tindak pidana korupsi dalam penyelenggaraan kegiatan jasa konstruksi.

Ada pun yang bertindak selaku narasumber yakni Ketua Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D), Ivan Nusu Parangan yang juga Kasi Intel Kejari Makassar. Kemudian perwakilan dari Polrestabes Makassar.

Sementara dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel diwakili oleh Dinas Bina Marga dan Jasa Konstruksi berperan memberikan pengarahan dan pembekalan kepada peserta. Serta melakukan uji kompetensi dalam bidang pengawasan bangunan gedung, bangunan irigasi, saluran irigasi, pengawasan lapangan pekerjaan jalan, jembatan, dan perpiaan air bersih.

Turut serta dalam kegiatan ini, yakni perwakilan Balai Jasa Konstruksi wilayah VI Makassar, serta widyaswara dari Kampus Unhas yang juga selaku nara sumber.(**)

Loading...