Kapolres Gowa Pimpin Prosesi Adat Pergantian Jaga Pasukan Tubarania Balla Lompoa

oleh

GOWA, LINK1SULSEL.COM–Prosesi adat pergantian jaga pasukan Tubarnina Balla Lompoa ri Gowa kembali digelar, Rabu (17/10) pukul 17.00 Wita.

Pergantian jaga pasukan tubarania dan penurunan bendera yang rutin dilakukan setiap tanggal 17 di setiap bulan ini dipimpin Kapolres Gowa Akbp Shinto Silitonga, SIK., MSi yang digelar di pelataran Museum Balla Lompoa.

Adapun kegiatan prosesi adat tersebut turut dihadiri oleh Kadis kesehatan. dr. H.Hasanuddin, Kadis Pariwisata Drs.H.Sophian Hamdi.M,Adm.Pemb, dan Asisten 2 Pemda Gowa Mappasomba SE, juga turut hadir para pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa.

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan adat yang rutin dilaksanakan. Prosesi Apel ganti Jaga pasukan Tubarani Yang Dilaksanakan setiap tanggal 17 adalah merupakan simbol dalam menjaga serta melestarikan budaya gowa yang dikenal sebagai kerajaan besar yang melahirkan banyak tokoh pejuang.

Prosesi adat pergantian jaga ini ditandai dengan penyerahan panji-panji penjagaan dari pasukan tubarani yang telah berjaga selama sebulan penuh kepada pasukan jaga yang baru dan akan menjalankan tugas penjagaan selama satu bulan ke depan.

Tubarani sendiri dalam bahasa Bugis Makassar merupakan abdi kerajaan atau wakil dari salah seorang gallarrang pada masa Kesultanan Gowa di masa silam.(**)

Loading...