Genjot Wisata Bahari, DPU Makassar Sayembara Desain

oleh

MAKASSAR, LINK1SULSEL.COM– Pemerintah kota Makassar melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) menyembarakan desain penataan kawasan bahari pulau kadingareng Keke. Kegiatan tersebut dilaksanakan di hotel Tree kota Makassar, Kamis (15/11/2018).

Kota Makassar, diketahui memiliki sebelas pulau, sala satunya pulau Pulau Kodingareng Keke. DPU dalam hal ini berupaya untuk meningkatkan akses pulau tersebut sebagai tujuan wisata di kota Makassar. Sebab, Pulau Kodingareng Keke memiliki atraksi wisata alam yang sangat baik pantai pasir putih, air laut yang
jernih serta pemandangan laut.

“Pulau Kodingareng Keke memiliki atraksi wisata alam yang sangat baik pantai pasir putih, air laut yang
jernih serta pemandangan laut. Memiliki potensi untuk aktivitas wisata bahari yang bervariasi seperti
penyelaman, berenang, berperahu/kano, mandi matahari (sunbathing),
olahraga pantai, serta aktivitas wisata berbasis pantai dan laut yang dapat
dikembangkan. Pulau ini juga ditumbuhi pohon Pinus,” kata Humas DPU kota Makassar, Hamka Darwis.

Sayembara ini, kata Hamka berharap akan menghasilkan karya untuk mewujudkan Pulau Kodingareng Keke sebagai pusat pariwisata.

“Melalui kegiatan ini, kita berharap menghasilkan desain arsitektur sarana prasarana untuk memenuhi kebutuhan
kegiatan pariwisata. Kedua, Menghasilkan desain dan konsep mitigasi bencana mengantispasi terjadinya abrasi disekeliling pulau. Ketiga, membuka peluang bagi masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan di Kota Makassar sebagai wujud implementasi dan komitmen Pemerintah Kota Makassar terhadap pemberdayaan masyarakat (community empowerment). Keempat memberikan keluasan kesempatan (promoting opportunity) kepada setiap elemen masyarakat untuk beraktualisasi dalam pembangunan melalui ide-ide
kreatif dan inovatif di bidang pariwisata. Kelima, menumbuh-kembangkan prinsip transparansi publik dalam pembangunan Kota Makassar yang merupakan salah satu asas terwujudnya Good Governance. Keenam, menumbuh-kembangkan iklim kompetitif bagi seluruh anak bangsa untuk melahirkan karya-karya yang monumental, kreatif dan inovatif,” pungkasnya. (*)

Loading...