Belanda Kubur Impian Jerman Melaju ke Semifinal

oleh

MAKASSAR, LINK1SULSEL.COM – UEFA Nations League A telah memastikan empat negara yang dipastikan menjadi juara grup 1 hingga grup 4 sekaligus lolos ke babak semi final pada tahun 2019 mendatang.

Timnas Belanda berhak menjadi wakil grup 1 UEFA Nations League untuk tampil di babak semi final setelah sukses menjadi juara grup usai menahan imbang Jerman 2-2 di match day terakhir di VELTINS-Arena, Selasa (20/11/2018) dini hari WIB dan memastikan menggeser Perancis karena lebih unggul head to head.

Ironisnya, juara piala dunia 2014 lalu itu, Jerman justru harus terdegradasi ke UEFA Nations League B pada periode berikutnya.

Prancis dan Belanda memang sama-sama mengantongi tujuh poin, tetapi Oranje julukan Belanda menang agregat head-to-head. Virgil van Dijk dkk pun berhak untuk melangkah ke semifinal di kompetisi ini.

Awalnya pertandingan ini sebenarnya tak berjalan dengan lancar bagi Oranje di menit-menit awal. Mereka dihujani serangan demi serangan, hingga akhirnya Timo Werner memecah kebuntuan di menit ke-9. Striker RB Leipzig itu menguasai umpan dari Serge Gnabry dan melepaskan tendangan setengah voli. Skor 1-0 untuk Jerman.

Die Mannschaft, julukan lain dari Jerman terus menyerang dan memaksa Belanda untuk menghadapi serangan berbahayanya. Hasilnya, mereka berhasil menggandakan keunggulan di menit ke-20. Umpan jauh dari Toni Kroos, dapat diantisipasi oleh winger Manchester City, Leroy Sane. Skor 2-0 untuk keunggulan Jerman hingga peluit babak pertama dibunyikan.

Die Mannschaft terus menyerang dan memaksa Belanda untuk menghadapi serangan berbahayanya. Hasilnya, mereka berhasil menggandakan keunggulan tak lama kemudian.

Tepatnya di menit ke-20, Jerman sukses menambah koleksi gol lewat Leroy Sane. Winger Manchester City itu menguasai umpan jauh Toni Kroos, lalu melepas tembakan keras. Bola sedikit berbelok karena membentur Kenny Tete dan ini membuat Jasper Cilessen terkecoh sehingga gagal menjangkaunya. Skor 2-0 untuk Jerman.

Memasuki babak kedua, Ronald Koeman sedikit melakukan pergantian pemain. Ryan Babel, Georginio Wijnaldum dan Dilrosun ditarik keluar dan digantikan oleh Javairo Dilrosun, Tonny Vilhelna dan Luuk De Jong.

Permainan Belanda sudah mulai menemui titik gaya bermainnya dan mulai menyerang pertahanan Jerman.

Tepat di menit ke-85, Quincy Promes berhasil mencetakkan namanya di papan skor, lewat gol spektakulernya, Promes melepaskan tendangan lengkung ke sudut gawang Bayern Muenchen, Manuel Neuer. Skor 2-1 untuk keunggulan Jerman.

Selang lima menit, bek Liverpool, Virgil van Dijk sukses menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Lini belakang Jerman membuat sapuan yang tidak sempurna, akhirnya Virgil sukses menceploskan bola ke gawang Neuer.

Hingga peluit panjang dibunyikan skor berakhir imbang 2-2 dan ini memastikan Belanda lolos ke putaran final UEFA Nations League dan juara piala dunia, Prancis terpaksa duduk di peringkat kedua, sementara Jerman terdegradasi ke Liga B.(**)

Loading...