Antisipasi Bencana Memasuki Musim Hujan, Brimob Batalyon A Pelopor Apel dan Gelar Peralatan SAR

oleh -1 views

MAKASSAR, LINK1SULSEL.COM– Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan melaksanakan apel gelar pasukan Ops Aman Nusa II (Tahap IV) 2020 dalam rangka penanganan Covid-19 dan Bencana Alam di Wilayah Polda Sulsel, di Lapangan Apel dan Lapangan Upacara Mapolda Sulsel, Senin (9/11/2020).

Apel Pasukan dipimpin oleh Kapolda Sulsel, Irjen Pol Drs Merdisyam, M.Si selaku Kaopsda bersama para Pejabat Utama Polda Sulsel.

Disela sela pelaksanaan Apel Pengecekan Kapolda Sulsel Irjen Pol Drs. Merdisyam, M.Si juga memyerahkan Alat Kesehatan penanganan Covid – 19 secara simbolis.

100 Personel Batalyon A Pelopor yang berkemampuan SAR yang dipimpin langsung Komandan Batalyon A Pelopor AKBP Darminto dan didampingi Komandan Kompi 2 Pelopor Iptu Muh. Syukri dan Pasi Log Batalyon A Pelopor Iptu Bahtiar.

Selain mengikut sertakan personel berkemampuan SAR AKBP Darminto juga mengikutkan dua unit kendaraan operasional yang sudah melaksanakan beberapa misi kemanusiaan beberapa waktu lalu antara lain Kendaraan Khusus SAR serta kendaraan dapur lapangan.

Usai apel acara dilanjutkan pengecekan personel dan perlengkapan SAR dan dalam apel gelar pasukan ini, berbagai jenis peralatan penanganan bencana turut dipamerkan, mulai dari perahu karet, mobil SAR, truk, dapur lapangan, sampai perahu yang terbuat dari Jerigen yang telah dimodifikasi.

Saat ditemui Komandan Batalyon A Pelopor AKBP Darminto menuturkan bahwa apel ini bertujuan untuk mengecek dan menghimpun kekuatan untuk berpartisipasi dalam usaha penanggulangan bencana alam, baik mencegah ataupun pemulihan pasca bencana.

“Apel gelar pasukan ini bermaksud untuk mengecek personel maupun perlengkapan serta menghimpun semua kekuatan yang ada untuk ikut berpartisipasi dalam penaggulangan bencana baik mencegah ataupun pemulihan pasca bencana “, Ujar Darminto.

Apel gelar pasukan ini juga menjadi suatu bentuk kesiapan dan ketanggapan Brimob Batalyon A Pelopor dalam mengantisipasi musim hujan yang mulai tiba, serta bukti bhakti brimob untuk masyarakat yang siap dibutuhkan pakan saja

Baca Juga :  Akhir Tahun, Walikota Danny Tantang RT/RW Tingkatkan Kinerja

“Seperti Motto Brimob Brimob Polri Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan , Apel ini merupakan bukti kesiapan Brimob Batalyon A Pelopor dalam mengantisipasi musim hujan yang mulai tiba, di lakukan juga pengecekan personil dan peralatan serta peningkatan kemampuan personel dalam penanggulangan bencana, agar setiap saat siap di gunakan, ” tambah AKBP Darminto.

Sementara itu Komandan Satuan Brimob Polda Sulawesi Selatan mengatakan kegiatan apel kesiapsiagaan ini bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan personel dan peralatan dalam rangka menghadapi bencana alam, serta dalam rangka membantu masyarakat dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam.

Kombes Pol Muhammad Anis menbahkan Melalui apel kesiapsiagaan ini diharapkan benar-benar mampu mempersiapkan diri secara maksimal dengan seluruh sumber daya yang dimiliki baik personil maupun sarana dan prasarana, untuk berperan secara aktif dalam rangka penanggulangan bencana alam, yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

” Dengan dilaksanakannya apel kesispasiagaan ini, seluruh jajaran diharapkan benar benar memperisiapkan diri secara maksimal baik itu personel maupun peralatan sehingga kapanpun dibutuhkan harus selalu siap, ini merupakan wujud bhakti brimob untuk masyarakat. ” Pungkas Muhammad Anis.

Loading...