Antisipasi Mogok Buruh, Batalyon A Pelopor Siagakan Pasukan dan Peralatan

oleh -12 views

MAKASSAR, LINK1SULSEL.COM– Jelang mogok massal besar-besaran yang akan dilakukan organisasi Buruh pada tanggal 6, 7 dan 8 Oktober 2020, Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulsel menggelar apel pengecekan peralatan dan personel di Halaman Mako Batalyon A Pelopor, Senin ( 05/10/2020 ).

“Apel pengecekan ini dilaksanakan terkait penolakan Omnibus Law dan pemutusan hubungan kerja akibat Covid-19 di Kota Makassar.

Apel Pengecekan ini dipimpin langsung Komandan Satuan Brimob Polda Sulawesi Selatan Kombes Pol. Muhammad Anis serta diikuti oleh 3 SSK ( Satuan Setingkat Kompi ) PHH, Serta 3 Tim Anti Anarkis Batalyon A Pelopor.

“Apel ini juga dihadiri oleh Kasubbag Dalops Satbrimob Polda Sulsel AKP Mursalim, Wadanyon A Pelopor AKP Mansur, Kasi Yanma Satbrimob Polda Sulsel AKP Mihajuddin serta Pejabat Utama Batalyon A Pelopor.

Dalam arahannya, Dansat Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Muhammad Anis PS. S.I.K.,M.Si mengatakan dengan dilaksanakannya apel gelar pasukan ini, diharapkan dapat mengetahui kesiapan pasukan pengamanan serta peralatan yang akan digunakan.

“Dansat brimob menuturkan Sebagai Power On Hand Kapolda Sulsel Jajaran Satbrimob Polda Sulsel dapat melaksanakan tugas dengan baik yaitu mengantisipasi mogok Massa dari Buruh tersebut.

Sebagai pasukan Power On Hand Kapolda personel Satbrimob Polda Sulsel dapat melaksanakan tugasnya dengan mangantisipasi mogok massal tersebut.” tutur Muhammad Anis.

Dalam masa pandemi Covid-19 seluruh warga masyarakat agar tidak melaksanakan kegiatan Aksi unjuk rasa ataupun kegiatan berkumpul karena dapat menimbulkan penyebaran Covid-19 yang semakin meluas.” tambah Anis.

“Sebelum menghakhiri amanatnya, Dansat Brimob menyampaikan pedoman yang harus dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab yakni jaga kesehatan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, antisipasi terjadinya penyusupan dan provokasi, lakukan pengamanan secara professional, prosedural dan humanis.

Baca Juga :  Komisi A DPRD Kota Makassar Gelar RDP Tanggapi Aspirasi Warga Ilma Residence

Senada dengan yang disampaikan Dansatbrimob Komandan Batalyon A Pelopor AKBP Darminto mengatakan Apel Gelar pasukan ini sebagai barometer untuk mengetahui kesiapan personel maupun peralatan Satbrimob Khusunya Batalyon A Pelopor

” Apel gelar pasukan ini sebagai tolak ukur dalam mengetahui kesiapan satuan, baik itu Personel, Perlengkapan maupun peralatan yang akan digunakan.

” Dalam rangka menjamin stabilitas kamtibmas pada saat menjelang maupun pasca berlangsungnya aksi mogok massal tersebut, kami Batalyon A Pelopor akan melaksanakan siaga selama 3 hari kedepan untuk mengantisipasi dinamika yang mungkin terjadi, khususnya di wilayah hukum Polrestabes Makassar.” tutur Darminto

Pengamanan dilakukan dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif serta mengedepankan sisi humanis sehingga aksi mogok massal buruh tersebut dapat berjalan aman dan konduaif,” ujar Danyon A Pelopor.

“Darminto juga berharap aksi mogok massal tersebut dapat berjalan dengan baik serta tetap menerapkan protokol kesehatan sehingga penyebaran Covid-19 tidak meluas.

Usai pelaksanaan apel, kegiatan dilanjutkan dengan pengecekan perlengkapan personil serta kendaraan operasional. Pengecekan dilakukan dengan sangat detail mulai dari kelengkapan perorangan seperti Alsus PHH serta Senjata Laras Licin yang dibawa , serta Amunisi yang digunakan dalam bertindak hal itu dilaksanakan untuk menghindari kesalahan prosedur pada saat bertindak.

“Selain mengecek perlengkapan masing – masing personel kemudian beralih untuk mengecek kendaraan operasional seperti Truk Angkut personel dan kendaraan roda dua yang merupakan pendukung keberhasilan tugas – tugas personel dilapangan.(*)

Loading...