Appilajaraji, Salah satu Kompas Pembinaan Kerohanian Lapas Narkotika Sungguminasa

oleh -10 views

GOWA, LINK1SULSEL.COM–Kegiatan Appilajaraji atau lebih dikenal Napi Belajar Ngaji merupakan salah satu inovasi program dari Lapas Narkotika Kelas IIA Sungguminasa dalam membina Warga Binaan Pemasyarakatan untuk menjadi manusia berakhlak yang mulia, Kamis (24/09).

Kegiatan Appilajaraji berfokus pada perbaikan atau pengajaran membaca Al-Quran kepada WBP agar menjadi lancar dan tartil (sesuai dengan kaidah tajwid).

Selain Appilajaraji, program pembinaan kerohanian lainnya yaitu Sajadah (Sajian Jumat Ibadah), Shadaqah (Sharing dan Diskusi Perkara Agama).

Menurut pelaksana Program ini, Muhammad Arifai, staf Bimbingan Narapidana dan Anak Didik mengatakan, bahwa antusias warga binaan dalam mengikuti aktivitas seperti ini sangat tinggi oleh karena itu perlu ada wadah atau program yang dapat menyalurkan keinginan tersebut.

“Alhamdulillah, antusias warga binaan sangat tinggi meskipun masih kondisi Pandemik Covid-19, kita harus memanfaatkan sumber daya yang ada dengan tetap memberi pembinaan kepada WBP,” tutur Rifai.

Plt. Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Sungguminasa sangat mengapresiasi inovasi-inovasi dalam program pembinaan kerohanian dalam Lapas.

“Pembinaan ini sangat penting karena tugas utama Lapas yaitu membina masyarakat yang notabene pernah melanggar hukum dan masuk ke dalam Lapas, diharapkan menjadi manusia yang lebih baik setelah kembali ke masyarakat,” tutur Rahnianto.

Setelah pandemik Covid-19 berakhir, diharapkan program ini dapat dikembangkan lagi dengan kerjasama dengan lembaga/instansi atau stakeholder, sehingga ada peningkatan baik dari segi fasilitas, pengajar, dan sistem pengajaran.

 

Loading...
Baca Juga :  Pagi Hingga Dini Hari, Tim Patroli Skala Besar TNI-POLRI Intens Melakukan Kegiatan Di Kab Gowa