Brimob dan Marinir Bersinergi Laksanakan Pembersihan Pasca Banjir di Masamba

oleh -7 views

MAKASSAR, LINK1SULSEL.COM– Tim SAR Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulsel bersama unsur Personel Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan VI TNI AL membersihkan rumah warga dan jalan yang penuh lumpur dan potongan kayu akibat dari banjir yang mengepung Kelurahan Bone, Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Kamis (17/07/2020).

Tampak Para personel Brimob dan Marinir tersebut bersinergi untuk mengeruk dan menyingkirkan lumpur bahkan material lainnya dari dalam rumah warga. Mereka juga membantu normalisasi jalan yang tertimbun lumpur dan sampah di daerah terdampak banjir bandang.

Seluruh personel yang terlibat selanjutnya diperintahkan menyisir rumah warga guna membantu mengevakuasi barang termasuk membersihkan sisa lumpur yang masuk ke rumah warga.

Saat dikonfirmasi Komandan Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulsel AKBP Darminto menyampaikan pihaknya kali ini menurunkan sebanyak 23 Personel yang merupakan Unit SAR Batalyon A Pelopor serta 1 unit Mobil Dapur Lapangan.

Untuk Kegiatan Bhakti Brimob di Masamba kali ini kami menerjunkan 23 personel termasuk termasuk Kendaraan Dapur Lapangan, dan akan bersinergi dengan personel TNI, pihak BPBD dan intansi pemerintah Kabupaten Luwu Utara,”Ujarnya.

Perwira berpangkat melati dua ini menegaskan kegiatan ini pihaknya akan melakukan pembersihan secara bertahap hingga material yang menutupi badan jalan maupun rumah warga bersih.

” Bhakti Brimob Untuk Masyaraka, Pembersihan akan dilaksanakan secara bertahap sehingga lumpur dan potongan – potongan kayu sisa banjir yang menutupi jalan dan rumah – rumah warga dapat dibersihkan. ” Tegas Darminto.

Darminto menambahkan langkah-langkah yang dilakukan Tim SAR Batalyon A Pelopor diantaranya,
Melakukan pembersihan pemukiman warga dan fasilitas umum bersama bersama Tim gabungan dalam membersihkan titik lokasi kerusakan dampak banjir bandang serta pengadaan Kendaraan Dapur Lapangan yang akan memberikan pasokan makanan setiap harinya.

Baca Juga :  Terispirasi Dari Dilan, Begini Poster Majid Sosialisasikan DIAmi

Nanti disana Tim SAR Batalyon A Pelopor akan membersihkan rumah – rumah warga, fasilitas umum seperti pasar, pusat – pusat pertokoan, Sekolah dan ruas – ruas jalan yang masih tetutupi lumpur, bukan hanya itu kami juga menyiapkan mesin penghisap air untuk menguras sumur – sumur warga sehingga dapat dipergunakan lagi untuk memenuhi kebutuhan air bersih, ini adalah wujud bhakti brimob kepada masyarakat,” Tutup Darminto.

Ditempat terpisah Dansat Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Muhammad Anis menyampaikan Kegiatan Bhakti Brimob kali ini bersinergi dengan personel Yonmarhanlan VI Makassar, nantinya kita akan melaksanakan kegiatan Bhakti Sosial pembersihan rumah warga serta fasilitas umum seperti pasar, pusat pertokoan dan jalan yang merupakan akses bagi warga.

Bukan hanya itu tim gabungan juga akan membagikan sembako serta pakaian bekas layak pakai untuk diberikan kepada masyarakat yang terkena dampak banjir bandang ini.

” Kita juga akan menyiapkan makanan untuk korban banjir bandang dengan mengoperasikan mobil dapur lapangan yang kita miliki. Jadi nanti saya minta seluruh personel TNI Polri menunjukkan sinergitasnya,”Kata Muhammad Anis

“Ini semua merupakan wujud Bhakti Brimob untuk masyarakat, Bhakti Marinir untuk masyarakat, Bhakti TNI Polri untuk masyarakat yang akan selalu kita tunjukkan kepada masyarakat bahwa dalam situasi apapun TNI Polri akan selalu hadir untuk masyarakat,”Harapnya

Loading...