Bumdesa Menggelar Pelatihan Di Kecamatan Simbang

oleh -171 views

MAKASSAR, LINK1SULSEL.COM–Pemerintah Desa Jenetaesa, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros menggelar Pelatihan untuk pengurus Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa) Harapan Baru dilaksanakan selama 2 hari dari tgl 14 smpai 15 september 2017 di Aula Kantor Desa Jenetaesa.

Pelatihan pengurus Bumdesa di buka secara resmi oleh Sekertaris Camat Simbang, Drs Najamuddin mewakili camat simbang dan Kepala Desa Jenetaesa, Hasanuddin, T

Pemateri dari Tim Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) antara lain, pada pembukaan tersebut, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TA PMD), Andi Mappisona, Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa (TA PED),  Idham dan Tenaga Ahli Pembangunan Partisipatif (TA PP), Baharuddin.

Tenaga Ahli Pembangunan Ekonomi Desa, Idham menuturkan bahwa Bumdesa dibentuk untuk memajukan potensi dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yg bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pendapatan asli desa.

Idham menambahkan, dengan dana desa peluang untuk memperkuat modal dan kelembagaan  Bumdesa.

Pelatihan ini diharapkan kapasitas pengurus semakin meningkat sehingga dapat mengelola secara profesional dengan pendekatan budaya lokal.

Sementara itu Pendamping Desa, Silva sangat berharap ada output yang jelas dan terukur dari pelatihan Bumdesa ini, pelatihan tidak boleh sekedar seremonial atau sekedar menggugurkan kewajiban menghabiskan anggaran tetapi hasil 0.

Setelah pelatihan ini,  pengurus mampu mengembangkan Bumdesa menjadi tonggak perekonomian di desa Jenetaesa secara khusus dan kecamatan Simbang secara umum.

Sementara Pendamping Lokal Desa (PLD) Kecamatan Simbang, Ansar bahwa pelatihan pengurus Bumdesa Harapan Baru Desa Jenetaesa yang telah dilaksanakan selama 2 hari ini, diharapkan melalui pelatihan ini para pengurus bumdes dapat mengelola bumdes dengan baik utamanya dalam administrasi keuangan.

Bumdesa diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan menambah Pendapatan Asli Desa (PAD).

Baca Juga :  Bawaslu Maros Tindaklanjuti Dugaan Oknum Camat Tidak Netral

Bumdesa Harapan Baru Desa Jenetaesa baru mengelola usaha simpan pinjam, diharapkan kedepannnya masyarakat dapat merancang lagi usaha usaha lain yang sesuai dengan potensi yang dapat dikembangkan di desa,  misalnya usaha usaha di bidang pertanian mengingat sebahagian besar masyarakat desa jenetaesa bermata pencaharian sebagai petani.(**)

Loading...

Komentar ditutup.