Dansat Brimob Sulsel Kujungi Lahan Hidroponik Batalyon A Pelopor

oleh -42 views

MAKASSAR, LINK1SULSEL.COM– Bentuk dukungan program ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19, hari ini Kamis (11/6/2020) pagi, Komandan Satuan Brimob Polda Sulawesi Selatan ( Dansat ) Kombes Pol. Muhammad Anis mengunjungi lahan hidroponik milik Batalyon A Pelopor yang berlokasi di Jalan Sultan Alauddin Kel. Pa’ Baeng Baeng Kec. Tamalate Kota Makassar.

Kedatangannya disambut Komandan Batalyon A Pelopor AKBP Darminto dan Perwira Seksi Operasional Iptu Taufik Iskandar. Diketahui, program hidroponik di Mako Batalyon A Pelopor dimulai sejak beberapa bulan lalu. Hal itu dikarenakan untuk mendukung ketahanan pangan dsn ditujukan sebagai upaya membantu kebutuhan masyarakat dan mencegah kelangkaan bahan makanan di pasar akibat dampak dari pandemi Covid-19.

Bertempat di sisi samping Lapangan Tennis Batalyon A Pelopor, Kombes Pol Muhammad Anis didampingi AKBP Darminto melihat tanaman hidropinik yang tumbuh subur yang sudah siap untuk dipanen. Selain menikmati hijaunya tanaman hidroponik Dansat Brimob juga memberika Tips tips untuk bertanam hidroponik.

AKBP Darminto mengatakan Tanaman Hidroponik berupa Pakcoy ini sudah membuahkan hasil. Sudah tiga kali Personel panen dari lahan itu dan dalam waktu dekat ini sudah siap untuk kembali dipanen.

” Tanaman hidroponik ini sudah beberapakali di panen hasil lumayan dan dalam waktu dekat ini, mungkin besok akan dipanen,” ucap Darminto.

“ Insya Allah hasil panen kebun hidroponik yang ada sekarang hasilnya cukup, namun dalam waktu dekat sudah kami sudah siapkan juga Tanaman Aquaponik di masing masing kompi untuk perkebunan dan budidaya ikan” pungkasnya

” Guna memperbanyak hasil produksi pertanian untuk menjalankan program ketahanan pangan ini, dirinya kini mengembangkan cara bertanam aquaponik yang memadukan tanaman sayuran dan budidaya ikan air tawar dalam satu wadah di masing masing kompi. ” pungkas Darminto

Baca Juga :  Pemkot Makassar Gelar Shalat Khusuf dan Zikir Bersama

Kombes Pol Muhammad Anis saat ditemui dilokasi menuturkan pertanian dengan sistem hidroponik dapat dilakukan oleh semua warga, sebab selain tidak membutuhkan media atau lahan yang luas, sistem pertanian ini juga bisa dilakukan dengan cara yang cukup sederhana dan tidak memerlukan biaya yang besar.

Muhammad Anis selaku Dansat Brimob Polda Sulsel memberikan apresiasi dan menyampaikan harapan, agar penanaman tanaman hidroponik dan aquaponik dapat terus dikembangkan dan bisa dipasarkan ke tengah masyarakat luas, hingga bisa meningkatkan penghasilan masyarakat.

“Harapan kita, di tengah masa pandemi Covid-19 ini, apabila terjadi kelangkaan pangan, ini (hasil pertanian hidrponik) bisa dimanfaatkan untuk bertahan hidup dan ini juga bisa kita bagikan kepada warga sekitar yang membutuhkan, hal ini sebagai wujud kepedulian dan Bhakti Brimob Untuk Masyarakat.” ucap Muhammad Anis.

Loading...