Desa Towata Bermusyawarah Untuk Perencanaan Pembangunan Tahun 2020

oleh -

TAKALAR, LINK1SULSEL.COM–Towata (21/08). Rabu, berlangsung di Aula Kantor Desa Towata kecamatan Polongbangkeng Utara kabupaten Takalar diselenggarakan Musyawarah Desa Perencanaan Pembangunan Desa tahun anggaran 2020.

Dihadiri oleh Kepala Desa, Ketua BPD, Bimmas Towata, Pendamping Desa, aparat desa dan para kepala dusun serta warga desa Towata, Musdes berlangsung efisien dan efektif serta proaktif dari para peserta yang hadir.

Warga desa sangat antusias dalam memberikan usulan rencana kegiatan pembangunan di desa Towata untuk tahun 2020 baik yang sifatnya fisik maupun non fisik. Ada yang mengusulkan pengadaan mobil ambulance desa, sumur bor dan pompa air, pemberian bantuan alat pertanian, pertukangan dan perbengkelan serta usaha kecil lainnya yang ada di desa Towata. Pun masih banyak yang mengusulkan pembuatan dan peningkatan jalan tani dan jalan desa serta pengadaan jembatan desa.

Tak lupa pula pada musyawarah tersebut membuka ruang usulan untuk kaum perempuan (PKK) seperti diantaranya posyandu dan kegiatan pemuda desa melalui karang taruna khususnya sarana dan prasarana olahraga serta pengembangan sanggar seni pemuda desa.

Kepala Desa Towata, Hamzah Siga mengatakan bahwa Musdes ini adalah agenda tahunan dan rutin dilaksanakan dalam proses penyusunan perencanaan pembangunan desa tahun berikutnya. Beliau juga menambahkan untuk tahun 2020 desa Towata akan membangun destinasi wisata desa dan prioritas pengembangan Bumdes serta mencoba untuk memfasilitasi rencana investor berinvestasi di desa Towata. Penekanannya adalah bahwa pelaksanaan pembangunan desa disesuaikan dengan kekuatan anggaran yang tersedia sehingga ada skala prioritas pembangunan desa Towata tahun anggaran 2020.

Dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Nasional-RAPBN tahun 2020, anggaran dana desa mengalami peningkatan dari Rp. 70 trilyun di 2019 menjadi Rp. 72 trilyun tahun 2020.
(*)esa

Loading...
Baca Juga :  Untuk Akhirat, Polsek Mappakasunggu Sumbang Tegel Dan Keramik Untuk Masjid