Dinas PU Makassar Gelar Sayembara Gedung Arsip

oleh -24 views

MAKASSAR, LINK1SULSEL.COM – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Makassar akan menyelenggarakan kompetisi bertajuk Sayembara Gedung Arsip Kota Makassar. Pasalnya, Pemerintah Kota Makassar belum memiliki gedung arsip sebagai sarana dan prasarana dalam pengelolaan kearsipan.

Aditya Pradipta selaku Panitia Sayembara mengatakan, sayembara ini digelar untuk mengatasi keterbatasan Pemkot Makassar yang belum memiliki depo pada sistem penyimpanan kearsipan.

“Sayembara ini agar dapat merangsang kreativitas masyarakat dari kalangan mahasiswa maupun profesional untuk mengembangkan ide-ide kreatif terkait dengan konsep pembangunan gedung yang mewujudkan suatu gambaran yang diharapkan dapat diterapkan secara nyata sebagai karya yang memiliki keunggulan sebagai sarana gedung pemerintahan yang tepat guna dan estetik,” jelas Aditya.

Aditya menyebut, pendaftaran sudah bisa dilakukan mulai mengambil formulir pendaftaran melalui sekretariat panitia di Dinas PU Makassar maupun di kantor Ikatan Arsitek Indonesia yang berada di Jalan Maccini.

“Kegiatan ini kami bekerjasama dengan Ikatan Arsitek Indonesia yang di mana mereka terlibat juga sebagai tim penilai atau juri,” tutur dia.

Adapun peserta dibagi dalam dua kategori yakni kategori student dan kategori profesional. Kategori student sendiri yaitu memasukkan para mahasiswa yang ingin berperan aktif dalam kreasi mengembangkan gagasan dan mendapatkan bimbingan dari dosen mereka. Sementara untuk profesional lebih menekankan gagasan ide yang dapat diterapkan secara nyata.

“Jadi ada perbedaan dari ide gagasan. Kalau untuk ide gagasan pada tataran students, itu lebih untuk menonjolkan ide gagasan, tetapi untuk yang dapat diaktualisasikan secara nyata, hal tersebut diterapkan pada kriteria kategori profesional. Untuk persoalan masalah pembangunan hanya menunggu kesiapan anggaran dari pemerintah,” kata dia.(**)

Loading...