DPU Makassar Lakukan Sosialisasi Sarana dan Prasarana Air Bersih di Kampung Sakura

oleh -117 views

MAKASSAR, LINK1SULSEL.COM– Dinas Pekerjaan Umum (PU) kota Makassar menggelar sosialisasi Sarana dan Prasarana Air Bersih yang merupakan rangkaian dari kegiatan perencanaan untuk mengidentifikasi masalah terkait penyediaan air bersih.

Sosialisasi ini berlangsung pada Selasa 02 April 2019, bertempat di Kantor Lurah Biring Romang yang berlokasi dekat dengan Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Dihadiri oleh Lurah Biring Romang, Ketua RT dan RW, serta warga kampung Sakura Kelurahan Biring Romang.

Lurah Biring Romang menyampaikan ketika membuka kegiatan tersebut, bahwa di kampung Sakura RW 01 yang memiliki 140 Kepala Keluarga (KK) masih banyak yang belum terjangkau air bersih. Maka dari itu, beliau berharap agar bisa diadakan sarana/penampunagn air bersih, mengingat pentingnya air bersih bagi kehidupan sehari-hari.

Mengingat, sebelumnya warga kampung Sakura telah membuat surat permohonan penyambungan jaringan PDAM namun belum ditindak lanjuti hingga saat ini. Maka dari itu, di kegiatan sosialisasi ini dibahas tentang perlunya untuk melakukan koordinasi ke PDAM sebagai tindak lanjut karena pipa induk telah terpasang sejak tahun 2017 dan warga kampung Sakura sangat membutuhkan pipa jaringan untuk dapat terakses air bersih.

Kampung Sakura sebelumnya telah masuk program Pamsimas melalui sumur bor yang berkedalaman 180 meter. Memang kelurahan Biring Romang berlokasi dekat denganTPA, dan kondisi air tanah permukaan dapat mempengaruhi kualitas air namun untuk air tanah dalam tidak mempengaruhi kualitas airnya. Maka dari itu, program Pamsimas ini menghasilkan air yang cukup baik, namun debit airnya tidak mencukupi untuk kebutuhan warga di daerah tersebut.

Adapun model pengusulan sambungan rumah dapat dilakukan secara langsung dari warga melalui persuratan (RW/RT yang mewakili) yang diketahui oleh pihak Kelurahan. Di dalam surat tersebut dicantumkan jenis-jenis yang dibutuhkan oleh warga terkait air bersih.(**)

Loading...