Mengaku Oknum Polisi Saat Beraksi, Dua Pria Diringkus Tim Gabungan Polres Parepare

oleh -43 views

PAREPARE, LINK1SULSEL.COM – Dalam menjalankan aksi pencurian, salah satu residivis pelaku ini mengaku sebagai oknum Kepolisian. Akhirnya di amankan Oleh pihak Kepolisian, pencuri ini di ungkap oleh angoota Resmob Polsek Ujung, unit IV Kamneg Satuan Intelkam di back up Tim Crime Hunter Polres Parepare, sabtu (1/2/2020).

“Hari ini kami berhasil amankan kedua pelaku residivis pencurian, salah satu pelaku dalam menjalankan aksinya mengaku sebagai oknum anggota Polri. Pelaku pun berhasil di amanakan di dua tempat berbeda yaitu, di Jln. Patung Pemuda cappa, Kel. Tiro Sompe, Kec. Bacukiki Barat dan di Jln. Pinisi (Geddongge), Kel. Cappa Galung, Kec. Bacukiki Barat, “ “Kata Kanit Resmob Polres Parepare, AIPTU Faesal.

Lebih lanjut AIPTU Faesal menjelaskan, kami mengamankan kedua pelaku berdasarkan laporan Korban atas nama Muh. Yoga. Kejadiannya pada hari jumat, tanggal 17 Januari 2020, sekitar jam 04:00 bertempat di Jln. Matirotasi, Kel. Labukkang, Kec. Ujung, dengan kerugian sekitar Rp. 3.213.000 (tiga juta dua ratus tiga belas ribu rupiah). Nama pelaku pertama bernama, Basri Bin Samaturu, umur 22 tahun, lelaki ini yang sering mengaku sebagai oknum anggota Polri saat beraksi, sedangkan pelaku kedua bernama, Satria Bin Maliam, umur 30 tahun.

Sedangkan Kanit IV Kamneg Satuan Intelkam, Aipda Darwis menyatakan, korban pada saat sementara beristirahat dan tidur di gazebo Rumah taman mattirotasi, kemudian pada saat korban terbangun melihat 1 tas merk BAPE yg berisikan antara lain Topi, charger, headset, Handphone merk Oppo A1 K warna Hitam, serta satu buah dompet yang berisikan kartu SIM, STNK, KTP, BPJS, KRS, KARTU ATM BCA dan uang tunai Rp. 40.000 (empat puluh ribu rupiah), sudah hilang diambil orang. Kami pun bersama tim gabungan melakukan penyelidikan
tentang aduan laporan tersebut, setelah mendapat info dan petunjuk dari masyarakat maka tim gabungan menelusuri, serta mengamankan tiga orang penadah barang.

“Di mana barang tersebut telah tiga kali berpindah tangan, setelah terjual melalui forum jual beli parepare dagang dengan menggunakan akun Fb palsu milik pelaku. Kamipun mengamankan pelaku Satria, setelah tim gabungan melakukan introgasi, maka di lakukan pengejaran ke Cs pelaku dan berhasil mengamankan Cs Pelaku Basri yang sering mengaku sebagai oknum anggota Polri, serta berpura pura mengintrogasi korbannya, pada saat korbannya panik melihat barang miliknya telah hilang. Pelaku sempat juga menanyakan pin atm milik korban, maka setelah memperoleh pin milik korban, pelaku langsung keatm menarik uang milik korban sebanyak Rp. 400.000 (empat ratus ribu rupiah), “Tuturnya.

“Saat di lakukan introgasi pelaku mengakui perbuatannya dan pelaku pun mengakui pernah satu kali melakukan aksinya, mengambil handphone milik korbannya sehari sebelum di amankan. Saat itu korban sedang masuk ke masjid untuk sholat, lalu pelaku melakukan aksinya. Kedua Pelaku tersebut, merupakan residivis, pelaku Satria pernah masuk lapas pada tahun 2016 di Kota Makassar dengan kasus pencurian, sedangkan pelaku Basri pernah masuk Lapas Parepare, pada tahun 2019 yang baru satu bulan keluar dan berkasi lagi, “Tutup Aipda Darwis.

Adapun Barang Bukti yang di Amankan, satu unit Hp jenis Oppo A1, satu unit handphone jenis realmi, satu unit sepeda motor jenis yamaha Fino warna abu2 metalik (kendaraan yang di gunakan pelaku saat beraksi, satu tas yang berisikan dompet, stnk, sim serta Atm menurut keterangan pelaku ia buang ke laut. Selanjutnya pelaku di bawa dan di serahkan ke Polsek Ujung Polres Parepare, guna proses hukum lebih lanjut. (Sis)

Loading...