On Progres, Capaian MPC Pemkot Makassar 62 Persen, Korsupgah KPK: Lumayan Bagus

oleh -19 views

MAKASSAR, LINK1SULSEL.COM—Penanggung jawab Tim koordinasi dan supervisi pencegahan (Korsupgah) KPK RI Wilayah Sulsel Dwi Aprilia Linda, mengatakan akan terus memantau progres pencapaian Monitoring Centre of Prevention (MCP) di Sulsel.

Khususnya capaian Pemkot Makassar sendiri menurut Linda cukup baik, namun perlu ditingkatkan lagi. Ia mengatakan seharusnya pemkot Makassar bisa mencapai diatas angka 80 persen.

“Untuk Makassar sendiri 62 persen, itu sudah lumayan bagus tapi masih perlu ditingkatkan lagi, kalau setidaknya targetnya masing masing pemda itu 70 persen tapi kalau Makassar janganlah 70 persen, harus lebih dari 80 persen.” ucap Linda disela kegiatan Monev progres pencapaian MPC 2019, di gedung Balai kota Makassar, Selasa (10/9/2019).

Dari delapan sektor intervensi antara lain, perencanaan dan penganggaran APBD, pengadaan barang dan jasa, pelayanan terpadu satu pintu, kapabilitas Apip, manajemen ASN, optimalisasi pendapatan daerah dan manajemen aset daerah, Linda mengungkapkan pemkot Makassar sejauh ini masih lemah pada capaian yaitu pengadaan barang dan jasa (PBJ) dan kapabilitas Apip.

“Yang masih lemah itu di Kapabilitas APIP, kemudian yang masih merah itu ada di PBJ. Ada beberapa progres yang belum tercapai. Pelaksanaan tupoksi misalnya, ULP belum melakukan review pemaketan atau bisa juga belum melakukan konsolidasi pengadaan. Setelah ini akan ada sesi tambahan bagaimana cara melakukan konsolidasi pengadaan, dokumen apa yang diupload, terus review soal standar satuan harga.” kata Linda.

Linda berpesan kepada Pemkot agar meningkatkan progres MCP, untuk tataran teknis Pemkot harus melakukan langkah langkah strategis dan efektif untuk meningkatkan PAD.

Sekretaris Daerah kota Makassar Muh Ansar mengatakan capaian 62 persen itu sudah cukup baik dibandingkan beberapa daerah lain di Sulsel yang rata rata hanya mencapai 40 persen.

“Secara umum capaian kota Makassar sudah 62 persen dan kita sudah masuk zona hijau. Kita bersyukur Makassar jadi percontohan tetapi kita rasa tidak bisa juga dibanggakan, masih ada yang perlu dibenahi.” ucap Ansar.

Dia membeberkan dari beberapa indikator yang menjadi perhatian KPK, pemkot Makassar segera mengevaluasi kembali sektor sektor yang dimaksud sehingga capaian ini bisa maksimal sesuai yang ditargetkan. (Ilham)

Loading...