Operasi Patuh, Dirlantas Polda Sulsel Imbau Masyarakat Tertib Berlalulintas

oleh -67 views

MAKASSAR, LINK1SULSEL.COM – Jajaran Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Sulsel dalam waktu dekat akan menggelar Operasi Patuh di seluruh wilayah Polda Sulsel,

Direktur Lalulintas (Dirlantas) Polda Sulsel Kombes Pol Agus Wijayanto, mengatakan pelaksanaan operasi patuh adalah aksi simpatik yang dilakukan oleh jajaran polisi dalam hal ini satuan lalu lintas untuk memperlancar arus lalu lintas dan menurunkan angka kecelakaan. Tujuan utamanya untuk keselamatan pengendara kendaraan bermotor itu sendiri.

“Operasi Patuh bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat pengguna jalan di jalan raya, dan yang utama ialah melindungi masyarakat agar tidak terlibat kecelakaan. Dengan kita tertib dan taat aturan di jalanan, harapannya angka kecelakaan dapat menurun.” ujar Kombes Pol Agus Wijayanto, usai memberikan arahan kepada jajarannya di Aula Biru jalan AP. Pettarani, Makassar, Kamis (22/8/2019) siang,

Operasi Patuh akan digelar selama 14 hari mulai tanggal 29 Agustus sampai 11 September di seluruh wilayah Polda Sulsel.

“Sifatnya kita melindungi masyarakat jangan menjadi korban. Karena hampir setiap tahun korban kecelakaan yang meninggal dunia di Sulsel, kurang lebih 1000 orang, kita prihatin sekali.” terang Agus.

Dirlantas menyebutkan, angka korban meninggal akibat kecelakaan lalulintas tersebut didominasi usia produktif. Usia antara 16 hingga 30-an.

“Hanya satu kata, kita harus tertib, kalau misalnya tidak ada peluang untuk mendahului jangan paksakan, seribu orang bukan angka sedikit dan korban kecelakaan ini didominasi oleh usia produktif.” kunci perwira polisi tiga melati ini.

“Oleh karena itu, saya mengimbau kepada seluruh masyarakat pengguna jalan, khususnya di Sulsel, mari kita tertib berlalulintas. Sebentar lagi ada operasi patuh dari kepolisian, tujuannya untuk melindungi masyarakat agar tidak terlibat atau menjadi korban kecelakaan.” Pesannya.

Operasi patuh rutin dilaksanakan setiap tahun oleh kepolisian RI, sasarannya adalah pengendara Sepeda Motor Roda dua yang melawan arus, Plat nomor tidak sesuai spectec/aslinya, Pembonceng tidak memakai helm atau dua-duanya, Motor Harus Lajur kiri apabila ada kanalisasi, Melanggar lampu merah, Melanggar marka jalan dan garis stop, Naik Motor lebih dari dua orang, Menyalakan lampu disiang hari dan kelengkapan lainnya.

Untuk Pengendara Mobil juga kena operasi Patuh Jaya 2019 diantaranya sasarannya adalah Plat Nomor harus sesuai, Tempel Logo atau simbol pada plat nomor, Pakai Rotator, Sirine pada mobil, Tidak pakai sabuk pengaman, Melanggar lampu merah, Melanggar marka dan garis stop.

Editor :(moko/koma)

Laporan :(Ilho*)

Loading...