Program 100 Hari Kapolri, Brimob Batalyon A Pelopor Gelar Latihan SAR Gabungan di Arena Dayung Makassar

oleh -9 views

MAKASSAR, LINK1SULSEL.COM–Dalam rangka meningkatkan kemampuan dalam hal penanganan terhadap korban bencana alam serta kecelakaan yang terjadi di wilayah pegunungan dan perairan yang memerlukan respon cepat untuk melakukan pencarian dan pertolongan, Batalyon A Pelopor Satuan Brimob Polda Sulawesi Selatan menggelar latihan kemampuan SAR gabungan TNI Polri dan Basarnas di Mako Batalyon A Pelopor dan arena Dayung Metro Tanjung bunga.

Kegiatan latihan SAR gabungan ini diikuti oleh prajurit Batalyon Kavaleri 10 Mendagiri, Yonmarhanlan VI Makassar, Yonko 466 Paskhas, personel Dit Samapta, Dit Polairud dan Batalyon A Pelopor Satuan Brimob Polda Sulsel serta Basarnas Makassar yang dipimpin langsung Danyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulsel AKBP Darminto. Makassar, Kamis (25/3/2021).

Latihan gabungan tersebut dimulai pada Kamis pagi pukul 08.00 Wib dengan target mempersiapkan personel menghadapi bencana didaerah pegunungan dan perairan.

Dalam kegiatan pelatihan ini, personel TNI – Polri dan Basarnas melaksanakan latihan Navigasi darat, penyelamatan korban di pegunungan, penyelamatan korban di perairan, serta manajement Dapur Lapangan.

Selain dalam rangka mempererat tali silaturahmi dan penyamaan persepsi terkait kegiatan pencarian dan pertolongan, kegiatan ini juga sebagai dukungan program prioritas Kapolri Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo, yakni peningkatan sinergitas TNI-Polri dengan menggelar latihan peningkatan Kemampuan bersama prajurit TNI dan Instansi lainnya.

“Kami menggelar latihan SAR gabungan TNI – Polri dan Basarnas untuk meningkatkan kemampuan SAR sekaligus mempererat tali silaturahmi antara TNI, Polri dan Basarnas”, ungkap AKBP Darminto.

“ Kegiatan Ini juga sebagai upaya untuk mendukung program 100 hari Kapolri, yakni meningkatkan Sinergitas melalui latihan bersama”, tambah Darminto.

Saat dikonfirmasi ditempat terpisah, Dansat Brimob Polda Sulsel Kombes Pol. Muhammad Anis P.S., S.I.K., M.Si. membenarkan hal tersebut.

Baca Juga :  Peserta KKN PPM UNM Bulukumba Perkenalkan Alat Pendeteksi Banjir

“Jadi betul kita menggelar latihan gabungan TNI, Polri dan Basarnas untuk mempererat tali silaturahmi, sehingga pada saat kita turun ke lapangan nanti dalam giat pencarian dan pertolongan kita bisa saling melengkapi”, ucap Anis.

“Ini juga untuk mewujudkan Bhakti Brimob dan TNI Polri untuk masyarakat serta sebagai bentuk dukungan kita pada program prioritas 100 hari Kapolri yaitu meningkatkan Sinergi antara TNI – Polri melalui latihan bersama”, Pungkas Muhammad Anis.

Personel TNI – Polri juga melaksanakan pengaplikasian tindakan cepat pertolongan pertama terhadap korban tenggelam dan korban meninggal dunia.

Loading...