Terobosan Baru, MAN 1 Bulukumba Gelar Pembinaan Karakter Keperamukaan untuk Seluruh Siswa

oleh -1 views

BULUKUMBA, LINK1SULSEL.COM– Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Bulukumba, Ali Yafid membuka kegiatan Pembinaan Karakter Ekstrakulikuler Pramuka, di halaman Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bulukumba, Rabu (07/10/2020).

Dalam sambutannya dihadapan peserta perwakilan setiap kelas, Kakankemenag Bulukumba mengatakan tujuan dari kegiatan pramuka ini untuk melatih kedisiplinan, keteladanan dan tanggungjawab.

“Di dalam kegiatan pramuka ada persahabatan, ajang prestasi, mengasah intelektual, menciptakan anak bangsa yang bermanfaat bagi diri pribadi, masyarakat, agama, dan negaranya, melatih sikap disiplin serta bertanggung jawab,” jelasnya.

Kakankemang Bulukumba didampingi Ketua Kwartir Ranting (Kwarran) Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba, Sutarman dan Kepala MAN 1 Bulukumba, Syarifuddin.

Kepala MAN 1 Bulukumba, menyampaikan, Kegiatan pembinaan karakter Kepramukaan ekstrakurikuler wajib di MAN 1 Bulukumba ini berdasarkan sejumlah regulasi, diantaranya KMA 183 Tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum PAI, serta Implementasi KUR-13 pada Madrasah, termasuk Kurikulum 2013, Kegiatan Kepramukaan merupakan Ekstrakurikuler wajib.

“Seluruh peserta didik MAN 1 Bulukumba menerima pembinaan karakter kepramukaan ekstrakurikuler wajib,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan kegiatan ini juga merupakan ajang membangun kerjasama antara pembina dan peserta didik, menguji kematangan peserta serta sebagai media membangun persahabatan.

“Kegiatan pramuka mengambil bagian dalam pembinaan karaketer siswa dengan sejumlah penguatan materi, yakni moderasi beragama, membangun rasa kemanusian dan keadilan pada peserta didik, persatuan dikalangan siswa, bijak dan demokratis, Pengembangan kompetensi sosial dan leadership,” urai Syarifuddin.

Kegiatan ini sendiri diikuti 635 orang peserta, dengan 21 orang pemateri dan 21 orang pendapimg adapun jumlah panitia 19 orang.

Dilakasanakan secara bergiliran dalam dua hari dan tetap mengikuti protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penyebaran virus corona (covid-19).

 

Loading...
Baca Juga :  Upacara Bendera Bangun Komunikasi Yang Intens, Pimpinan Dan Bawahan