Tiga Siswa Asal Kab. Takalar Ikuti Lomba Menulis Nasional

oleh -47 views

TAKALAR, LINK1SULSEL.COM–Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke 74 tahun. Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (MABES TNI) menyelenggarakan lomba nasional karya tulis ilmiah tingkat nasional. Kegiatan ini diikuti pelajar bagi kategori SMA/SMK/MA seluruh Indonesia.

Kegiatan ini mengambil tema “Peran pelajar dan generasi muda dalam kontribusi positif mencintai Indonesia”. Pendaftaran dan pengiriman naskah pada tanggal 25 September 2019, babak final akan dilaksanakan di Kantor Pujianstra TNI, Jakarta pada tanggal 13 – 15 Oktober 2019.

Peserta lomba karya tulis ilmiah yang berasal dari Kabupaten Takalar yaitu sekolah Madrasah Aliyah Muhammadiyah Bontorita. Tiga siswanya yaitu Wahyu, kelas X dengan tema ” Pelajar berwawasan anti narkoba”, Sahriani Saskia Malisa, kelas XII dengan tema “Dampak berita hoaks bagi kehidupan bernegara”, dan Jumriadi, kelas XII dengan tema “Konsep siri’ na pacce dalam menjaga keutuhan NKRI”.

Salah satu siswa yang mengirim karya yaitu Wahyu, mengatakan bahwa ” semoga karya tulis yang saya kirim ini bisa lolos ke babak final, serta menjadi motivasi bagi teman saya sesama pelajar dan generasi muda untuk terus belajar menimba ilmu agar berguna bagi keluarga, bangsa dan negara ini”, harapnya.

Menurut guru pembimbing, Rudiyanto yang ditemui disalah satu warkop dibilangan jalan Galesong Takalar yang sementara menyusun dan mengirim karya, mengemukakan bahwa “kegiatan ini merupakan salah satu program kerja disekolah kami mengadakan workshop kepenulisan bagi para siswa, tujuannya agar mereka mampu menulis dengan mengikuti kaidah penulisan ilmiah dan sesuai, mereka dapat mengemukakan ide dan gagasan mereka lewat menulis essay dan karya tulis memberi masukan dan penawaran solusi dalam upaya kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik kedepan”, ungkap guru yang juga sekretaris IGI Kab. Takalar ini.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Bagian Kesiswaan, Aksin Suarso, mengatakan bahwa ” Kegiatan keilmuan dan perlombaan seperti ini sangat bagus diikuti oleh para siswa dan dilaksanakan oleh lembaga maupun pemerintah mulai dari jenjang kecamatan dan kabupaten maupun sampai ke tingkat nasional”, harapnya.

Ia juga menambahkan bahwa, kegiatan seperti ini juga merupakan bekal yang berguna bagi mereka ketika berprestasi akan memudahkan masuk ke universitas impian mereka dan layak untuk mendapatkan beasiswa dengan memakai predikat prestasi tersebut”, tambah guru yang juga ketua DPD BKPRMI Kab. Takalar ini.

Para siswa ini akan bersaing dengan ribuan pelajar seluruh Indonesia akan dipilih karya yang terbaik akan diundang ke Jakarta untuk memaparkan karya tulisnya didepan panitia dan juri. Kegiatan ini memperebutkan total hadiah puluhan juta rupiah, trophy dan piagam juara nasional.

Loading...