Yusran Panen Jahe Merah dan Kangkung di BTN Karmila Sari

oleh -55 views

MAKASSAR, LINK1SULSEL.COM – Pj. Wali Kota Makassar Prof. Yusran Jusuf didampingi ketua TP PKK A. Misnawati Z. Yusran panen jahe merah, kangkung, bunga kol, cabai, dan bawang merah, serta berbagai tanaman produktif lainnya. Kegiatan ini dilakukan saat mengunjungi kebun percontohan pertanian ramah lingkungan Kelompok Wanita Tani (KWT) Dewi Sari, Kelurahan Tamalanrea, Kecamatan Tamalanrea, Selasa, (2/6).

“Tentu hal ini patut kita apresiasi, utamanya menghadapi New Normal dalam situasi pandemi saat ini. Pertama kita memastikan bahwa protokol kesehatan dilaksanakan secara disiplin. Kemudian akan mendorong penanaman tanaman kesehatan disamping memperkuat seluruh aktivitas ekonomi kerakyatan,” sebut Yusran.

KWT Dewi Sari adalah binaan Dinas Ketahanan Pangan di Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) kota Makassar.

Aneka tanaman produktif yang menjadi bahan olahan berbaga jus dan minuman herbal untuk kesehatan dan peningkatan imunitas serta sayur-sayuran ini ditanam di pot-pot lorong dan tanah kosong milik warga di sepanjang BTN Karmila Sari.

Hal ini sejalan dengan program pemerintah kota
untuk mengembangkan komoditi lokal di pekarangan warga serta lahan-lahan terbuka lainnya yang bisa menjadi sarana pengembangan komoditi lokal tanaman suplemen dalam meningkatkan imunitas tubuh.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua TP PKK A. Misnawati juga memandang hal ini sangat positif terutama kaitannya dengan estetika kota.

“Jadi dengan adanya penanaman seperti ini, tanah-tanah kosong dan rumah-rumah warga yang ditempati tidak lagi kelihatan kumuh dan terlantar. Semua menjadi asri dilihat,” pungkasnya.

Yusran dan A. Misnawati mencoba langsung minuman yang terbuat dari jahe merah. Keduanya mengapresiasi minuman penambah imun tersebut dan berharap agar hal ini bisa lebih massif dilakukan dan terus dikembangkan secara berkesinambungan ke depan. (*)

Baca Juga :  Berdua Gubernur Sulsel, Iqbal Suhaeb Hadiri Rakor KLKH
Loading...